OPTIMALISASI FASILITAS WISATA GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN WISATAWAN DI DESTINASI WISATA WATERPARK SINGAPORE

HASNA LAILA ABIDA, 126407203012 (2024) OPTIMALISASI FASILITAS WISATA GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN WISATAWAN DI DESTINASI WISATA WATERPARK SINGAPORE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul "Optimalisasi Fasilitas Wisata Guna Meningkatkan Kepuasan Wisatawan di Destinasi Wisata Waterpark Singapore" ini ditulis oleh Hasna Laila Abida, NIM. 126407203012. Program Studi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Dedi Suselo, S.E., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi sektor pariwisata bukan hanya fokus terhadap banyaknya jumlah wisatawan yang datang ke suatu destinasi wisata, akan tetapi memastikan wisatawan untuk mendapatkan pengalaman yang berharga saat mereka berkunjung ke suatu destinasi wisata tersebut. Waterpark Singapore merupakan suatu destinasi wisata yang daya tarik wisata utamanya yaitu kolam renang. Tentu untuk menarik perhatian bukan hanya daya tarik wisatanya, melainkan fasilitas wisata yang disediakan mampu memenuhi kebutuhan wisatawan dan memberikan kepuasan kepada wisatawan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana potensi yang dimiliki destinasi wisata Waterpark Singapore? (2) Bagaimana strategi yang dapat diberikan pengelola (owner) kepada karyawan dalam mengoptimalkan fasilitas wisata di destinasi wisata Waterpark Singapore? (3) Bagaimana pengaruh optimalisasi fasilitas wisata yang diberikan pengelola (owner) kepada karyawan dalam meningkatkan kepuasan wisatawan di destinasi wisata Waterpark Singapore? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun narasumber (informan) dalam penelitian ini adalah pengelola (owner), karyawan, serta wisatawan di Waterpark Singapore. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam (indepth interview), serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Potensi wisata yang dimiliki destinasi wisata Waterpark Singapore yaitu aksesibilitasnya cukup strategis dan mudah dijangkau oleh wisatawan. Dari owner Waterpark Singapore juga melakukan kerja sama dengan Dinas Kabupaten Tulungagung serta instansi-instansi pihak sekolah. Waterpark Singapore memiliki daya tarik wisata utamanya yaitu kolam renang. Selain itu, ada Singapore Garden, Singapore Night Paradise (wisata malam), spot foto yang instagrammable, serta fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap dan memadai. (2) Strategi yang diberikan pengelola kepada karyawan dalam mengoptimalkan fasilitas wisata yaitu melakukan pemeriksaan, pengawasan, serta perbaikan. (3) Dalam upaya mengoptimalkan fasilitas wisata yang diberikan pengelola kepada karyawan tentunya memberikan kepuasan kepada wisatawan. Pengalaman wisatawan selama berkunjung ke destinasi wisata tersebut sesuai dengan harapan mereka. Mulai dari harga tiketnya yang terjangkau, memberikan pelayanan yang baik, serta menciptakan kondisi area wisata tetap bersih sehingga membuat wisatawan merasa nyaman. Kata kunci: optimalisasi fasilitas wisata, kepuasan wisatawan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407203012 HASNA LAILA ABIDA
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:34
Last Modified: 29 Jul 2024 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49336

Actions (login required)

View Item View Item