CHUSNUL CHOTIMAH, 126209202063 (2024) STRATEGI GURU IPS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar” ini ditulis oleh Chusnul Chotimah, NIM: 126209202063, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dita Hendriani, M.A. Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial Guru sebagai administrator harus mampu menyelenggarakan program pendidikan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan program Pendidikan yang diinginkan, guru harus mengembangkan berbagai strategi pembelajaran untuk memotivasi siswa belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan meningkatkan efisiensi belajar siswa, guru perlu bekerja lebih keras untuk memilih dan melaksanakan strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan tersebut. Fokus dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Strageri Guru IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar. (2) Apa Saja Hambatan Guru IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui strageri guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar. (2) Mengetahui hambatan guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Ma’arif NU Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian yaitu di MTs Ma’arif NU Blitar adalah sebagai pewawancara atau pengumpulan data. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis, yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data melalui tiga cara, ketekunan atau Keajekan Pengamat, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Ma’arif NU Blitar dengan menggunakan strategi pembelajaran bervariasi. (2) Pembelajaran relevan dan kontekstual, mengaitkan dengan kehidupan nyata dan menantang siswa memecahkan masalah untuk menerapkan pengetahuan mereka.. Sedangkan hambatan guru IPS diantaranya : (1) Penggunaan strategi sesuai kebutuhan siswa namun motivasi belajar masih rendah. (2) Faktor instrinsik yaitu hambatan dari diri siswa sendiri misalnya, mengantuk, tidak faham dengan materi yang diajarkan, ramai dengan temannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202063 CHUSNUL CHOTIMAH |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 06:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49346 |
Actions (login required)
View Item |