PENERAPAN STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung)

LUTHFAN HAIDI WIJAYA, 126201201017 (2024) PENERAPAN STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “PENERAPAN STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung)” ditulis oleh Luthfan Haidi Wijaya, NIM 126201201017, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bapak Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi, Guru, Minat Belajar Penulisan Skripsi ini dilatar belakangi bahwa salah satu pendorong sebuah keberhasilan dalam proses pembelajaran yaitu adanya minat belajar. Ada beberapa cara agar menumbuhkan minat belajar pada peserta didik, salah satunya dengan menerapkan strategi yang sesuai dengan materi dan keadaan saat proses pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerapan strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII di MTsN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII di MTsN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi penerapan strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII di MTsN 1 Tulungagung?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yakni kondensasi, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan penerapan strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII di MTsN 1 Tulungagung adalah Pertaama kali guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. (2) Pelaksanaan penerapan strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII di MTsN 1 Tulungagung adalah Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, melakukan absensi kehadiran peserta didik, melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan peristiwa yang ada di sekitar peserta didik dengan bahasa yang mudah di pahami. Guru juga memanfaatkan fasititas yang ada sebaik mungkin dengan menggunakan media berupa youtube sebagai sumber belajar lain peserta didik. Guru melakukan ice breaking pembelajaran. (3) Evaluasi penerapan strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII di MTsN 1 Tulungagung adalah Kegiatan evaluasi yang dilakukan di awal pembelajaran dan akhir jam pembelajaran. Guru juga melakukan evaluasi setelah selesai penyajian sebuah pelajaran untuk mengetahui kelemahan peserta didik. Mengeadakan ujian harian pada akhir materi pembelajaran. Melaksanakan Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Tahun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201017 LUTHFAN HAIDI WIJAYA
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:49
Last Modified: 29 Jul 2024 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49350

Actions (login required)

View Item View Item