SITI IDA'IYAH, 126404201002 (2024) APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAZNAS (SIMBA) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN (Studi Atas Respon Muzaki Terhadap Laporan Keuangan Melalui SIMBA di BAZNAS Kota Kediri). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
||
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Aplikasi Sistem Informasi Manajemen BAZNAS Dalam Meningkatkan Kepercayaan (Studi Atas Respon Muzaki Terhadap Laporan Keuangan Melalui SIMBA di BAZNAS Kota Kediri)" ini ditulis oleh Siti idaiyah, NIM, 126404201002, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Dede Nurrohman, M.Ag. SIMBA merupakan Sistem informasi manajemen yang dibuat untuk Badan Amil Zakat Nasional di seluruh Indonesia sejak tahun 2014, Dikembangkan dengan tujuan untuk keperluan penyimpanan data dan informasi yang dimiliki oleh BAZNAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMBA dioperasikan di BAZNAS Kota Kediri untuk membantu dalam pengelolaan dana zakat, infak, sedekah hingga pembuatan laporan keuangan secara praktis dan efektif. Operasional SIMBA yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Kediri dalam meningkatkan Kepercayaan terhadap muzaki yang ada di Kota Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang diambil langsung dilapangan. Sumber data yang diperoleh yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan uji kredibilitas data, triangulasi, memperpanjang pengamatan, uji depanbility dan konfermability. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa SIMBA memiliki manfaat dalam operasionalnya untuk meningkatkan kepercayaan muzaki yaitu 1) Mempermudah kinerja amil, 2) Mempercepat pembuatan Laporan keuangan dan 3)Mampu memberikan pelayanan yang lebih efektif. Selain itu dalam respon muzaki terhadap Laporan Keuangan Melalui SIMBA di BAZNAS Kota Kediri antara lain: 1) Lebih percaya terhadap BAZNAS dan 2)Pelayanan yang diberikan BAZNAS mendapat respon positif dengan adanya pelayanan yang diberikan, BAZNAS dalam mengelola dana yang dibayarkan oleh muzaki melalui aplikasi SIMBA tersebut dan dana tersebut akan didistribusikan sesuai dengan sasarnnya. Jadi dapat disimpulkan bahwasanya aplikasi SIMBA yang dioperasikan di BAZNAS Kota Kediri berdampak positif dalam menunjang kinerja amil saat proses pengelolaan dana ZIS, selain itu muzaki merasa pelayanan yang diberikan sesuai keinginannya sehingga munculnya rasa lebih percaya terhadap BAZNAS Kota Kediri sampai saat ini. Kata kunci: Operasional, SIMBA, BAZNAS,Respon
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Masyarakat Islam Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf |
Depositing User: | 126404201002 SITI IDA'IYAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 05:00 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 05:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49404 |
Actions (login required)
View Item |