IMPLEMENTASI PROGRAM TILAWAH AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TILAWATIL QUR’AN AL MAGHFUR SEKAPUK UJUNG PANGKAH GRESIK

FISQIYYATUZZULAL AMALI, 126201202085 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM TILAWAH AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TILAWATIL QUR’AN AL MAGHFUR SEKAPUK UJUNG PANGKAH GRESIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (482kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN KONSULTASI PEMBIMBING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Program Tilawah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al Maghfur Sekapuk Ujung Pangkah Gresik” ini ditulis oleh Fisqiyyatuzzulal Amali, NIM 126201202085, tahun 2024, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata kunci : Implementasi, Program, Tilawah Al-Qur’an. Kemampuan tilawah Al-Qur’an itu penting. Namun masih banyak orang yang belum menguasai tilawah Al-Qur’an dengan baik, untuk itu diperlukan kegiatan pembelajaran tilawah Al-Qur’an yang dapat menjadikan seseorang atau seorang muslim itu tidak hanya benar saja dalam membaca Al-Qur’an, akan tetapi bisa melantunkannya dengan baik dan indah. Untuk itulah penelitian ini dilakukan dalam rangka mengungkap tentang pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al Maghfur, Ujung Pangkah Gresik, Jawa Timur. Fokus dalam penelitian ini sebagai berikut : pertama, Bagaimana Perencanaan Program Tilawah dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al Maghfur Sekapuk Ujung Pangkah Gresik. Kedua, Bagaimana Pelaksanaan Program Tilawah dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al Maghfur Sekapuk Ujung Pangkah Gresik. Ketiga, Bagaimana Evaluasi Program Tilawah Al-Qur’an di Pondok Tilawatil Qur’an Al Maghfur Sekapuk Ujung Pangkah Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Tilawah dalam mengembangkan kemampuan Pembelajaran Al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Tilawatil Qur’an Al Maghfur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive yaitu orang yang dianggap paling tahu apa yang peneliti harapkan. Informan pada penelitian ini adalah Pengasuh, Ustadzah, Santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan teori Matthew B. Milles, Michael Huberman dan Johny Saldana yaitu dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan Tilawah Pembelajaran Al-Qur’an pada santri diawali dengan mempersiapkan bahan ajar seperti maqro’, microphone, dan al-qur’an. Guru juga membiasakan santri untuk senam nafas dan olah vocal. (2) Pelaksanaan Tilawah Pembelajaran Al-Qur’an pada santri guru menggunakan Metode Jibril dimana santri dibimbing untuk menguasai lagu dasar, nama lagu dan tingkatan nada dalam tilawah, dengan cara guru memberi tahu iramayang akan dibaca, kemudian guru mencontohkan dan santri menirukannya. Irama yang diajarkan guru dalam satu maqro’ terdapat 3-4 maqam seperti bayyati, rast, nahawwan dan shaba. (3) Evaluasi pembelajaran tilawah Al-Qur’an pada santri yaitu guru membagi beberapa kelompok, kemudian per-kelompok bergilir maju ke depan membaca maqro’ yang sudah dipelajari. Selain itu, santri diberikan tugas untuk membuat karangan lagu tilawah lalu disetorkan kepada guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202085 FISQIYYATUZZULAL AMALI
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:58
Last Modified: 30 Jul 2024 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49457

Actions (login required)

View Item View Item