STRATEGI GURU DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NI’MATUL ROOFI’U ROZZAAQU, 126205202082 (2024) STRATEGI GURU DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rozzaaqu, Ni’matul Roofi’u. 2024. Strategi Guru dalam Melatih Keterampilan Berbicara Krama Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kalidawir Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Keterampilan Berbicara Krama, Bahasa Jawa Perkembangan jaman dan teknologi dapat membawa arus positif dan negatif dalam kehidupan peserta didik yang cenderung meniru segala hal yang diterima. Fenomena ini membuat peserta didik MI Hidayatuth Tholibin sering menggunakan bahasa gaul yang memiliki arti kurang baik dalam berkomunikasi. Guru merencanakan dan menggunakan strategi yang tepat pada mata pelajaran bahasa Jawa untuk melatih keterampilan berbicara krama sehingga dapat mempertahankan kepribadian orang Jawa dan nilai kearifan lokal sebagaimana sesuai dengan rincian pada tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam perencanaan melatih keterampilan berbicara krama peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jawa, (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pelaksanaan melatih keterampilan berbicara krama peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jawa, (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam evaluasi melatih keterampilan berbicara krama peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti hadir secara langsung ke lokasi penelitian untuk menjadi instrumen utama dalam pengumpulan data yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data yaitu menguraikannya sesuai dengan fokus penelitian, menyajikan data dalam bentuk naratif, dan menarik kesimpulan pada tahapan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru dalam perencanaan melatih keterampilan berbicara krama peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jawa yaitu memperhatikan kondisi dan kemampuan peserta didik (afektif, kognitif, dan psikomotorik), kecocokan materi dengan strategi, ketersediaan fasilitas, mempertimbangkan kesesuaian tujuan dan strategi, prinsip individualitas, dan alokasi waktu, efektivitas strategi dengan jumlah peserta didik, kriteria strategi pembelajaran aktif , tahap akhir menyusun perencanaan strategi pada RPP dengan bantuan fasilitas madrasah. (2) Strategi guru dalam pelaksanaan melatih keterampilan berbicara krama peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jawa yaitu menggunakan strategi problem based learning (mengamati, menanya, pengorganisasian, pengumpulan informasi, asosiasi/penyimpulan, komunikasi) dengan bantuan lks, pepak basa Jawa, komputer, ruang kelas, menggunakan strategi pembiasaan berbaicara krama selama mapel bahasa Jawa berlangsung, guru sebagai motivator, fasilitator, teladan dalam berbicara krama yang tepat. Peserta didik mengamati dengan saksama, displin berbicara krama, berani mengungkapkan pendapat. Peserta didik masih kurang lancar berbicara krama. (3) Strategi guru dalam evaluasi melatih keterampilan berbicara krama peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jawa yaitu persiapan evaluasi (memahami prinsip evaluasi : berkelanjutan, menyeluruh, objektif), menentukan tujuan evaluasi, mengumpulkan data. Tahapan evaluasi meliputi teguh pada prinsip, analisis data, menarik kesimpulan/tindak lanjut. Beberapa peserta didik kurang lancar berbicara krama solusinya rencana program rutin hafalan 5-10 kata basa krama setiap mata pelajaran bahasa Jawa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202082 NI'MATUL ROOFI'U ROZZAAQU
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:51
Last Modified: 30 Jul 2024 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49460

Actions (login required)

View Item View Item