TRADISI PELANGKAH DALAM PERKAWINAN ADAT JAWA DITINJAU DARI TEORI ANTROPOLOGI BUDAYA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Kayen Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang)

ARIEN ILAINA MUFIDAH, 126102202126 (2024) TRADISI PELANGKAH DALAM PERKAWINAN ADAT JAWA DITINJAU DARI TEORI ANTROPOLOGI BUDAYA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Kayen Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Arien Ilaina Mufidah, 126102202126, Tradisi Pelangkah dalam Perkawinan Adat Jawa di tinjau dari Teori Antropologi Budaya dan Hukum Islam (Studi kasus di desa kayen Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang). Program Studi HukumKeluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah 2024, Pembimbing Dr. Syahril Siddik, S.S.,M.A. Kata Kunci : Tradisi Pelangkah, Perkawinan, Antropologi Budaya, Hukum Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya Tradisi Pelangkah dalam perkawinan adat jawa yang artinya tradisi memberikan uang atau barang kepada saudara kandung yang lebih tua karena sudah dilangkahi atau menikah terlebih dahulu. Rumusan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana tradisi pelangkah dalam perkawinan berlangsung pada masyarakat Desa Kayen Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang? 2) Bagaimana makna dan nilai-nilai tradisi pelangkah dalam perkawinan? 3) Bagaimana tradisi pelangkah dalam perkawinan ditinjau dari teori Antropologi Budaya? 4) Bagaimana tradisi pelangkah dalam perkawinan ditinjau dari hukum islam? Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan (1) Fenomena tradisi pelangkah pada masyarakat desa kayen merupakan tradisi yang direspon pro dan kontra oleh masyarakatnya. Biasanya mereka yang kontra adalah orang-orang yang menikah dengan pria pendatang atau daerah lain. Bagi pandangan masyarakat yang pro dengan adanya tradisi pelangkah ini tapi sudah tidak mengikut adat istiadat tersebut, adik memberitahu orang tua maupun kakak mereka. 2) Makna tradisi pelangkah ini adalah sebagai ucapan terima kasih dan bentuk penghormatan terhadap sang kakak yang dilangkahi serta sebagai penjaga hubungan baik keluarga. Sedangkan untuk nilai-nilai dalam tradisi ini adalah sebagai salah satu bentuk kasih sayang seorang adik yang masih menghargai, menghormati seorang kakak dan lebih menghormati yang lebih tua serta meminta izin dan doa restu kepada kakak. 3) Tradisi pelangkah dalam perkawinan berdasarkan teori antropologi budaya mengacu pada teori evolusi kebudayaan dengan mengulas bahwa tujuan sesungguhnya dari kajian kebudayaan adalah untuk mempelajari aneka ragam kebudayaan sebanyak-banyaknya, kemudian dicarikan unsur-unsur persamaannya, selanjutnya dilakukan proses klasifikasi. 4) Dalam fiqih disebutkan al adatul muhakkamah yang artinya adat bisa dijadikan hukum. Maksudnya bahwa disuatu keadaan adat bisa dijadikan hukum ketika ada dalil syar’i tetapi tidak semua adat bisa dijadikan sumber hukum.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202126 ARIEN ILAINA MUFIDAH
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:21
Last Modified: 06 Aug 2024 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49543

Actions (login required)

View Item View Item