PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDI WAHID HASYIM SELOKAJANG SRENGAT BLITAR

HAMID FARIDIAN, 3217113046 (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDI WAHID HASYIM SELOKAJANG SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDI Wahid Hasyim Selokajang Srengat Blitar” ini ditulis oleh Hamid Faridian, NIM. 3217113046, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh.Arif, M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar IPA Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDI Wahid Hasyim Selokajang Srengat Blitar masih relatif rendah. Penggunaan metode Inkuiri dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas V SDI Wahid Hasyim Selokajang Srengat Blitar tahun ajaran 20014/2015 mata pelajaran IPA pokok bahasan dampak peristiwa alam dan aktivitas manusia terhadap lingkungan? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDI Wahid Hasyim Selokajang Srengat Blitar tahun ajaran 20014/2015 mata pelajaran IPA pokok bahasan dampak peristiwa alam dan aktivitas manusia terhadap lingkungan melalui metode pembelajaran Inkuiri? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas V SDI Wahid Hasyim Selokajang Srengat Blitar tahun ajaran 20014/2015 mata pelajaran IPA pokok bahasan dampak peristiwa alam dan aktivitas manusia terhadap lingkungan. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDI Wahid Hasyim Selokajang Srengat Blitar tahun ajaran 20014/2015 mata pelajaran IPA pokok bahasan dampak peristiwa alam dan aktivitas manusia terhadap lingkungan melalui metode pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu. perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Wahid Hasyim Selokajang Srengat Blitar tahun ajaran 2014/2015. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata pada tes akhir siklus I adalah 78(70% ) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,5(90%) dan berada pada kriteria sangat baik. Selain dari nilai rata-rata siswa, peningkatan hasil belajar siswa juga dapat dilihat dari aktifitas belajar siswa pada akhir tindakan mencapai 91,5% dengan kategori sangat baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelasV SDI Wahid Hasyim Selokajang Srengat Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217113046 HAMID FARIDIAN
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:26
Last Modified: 20 Apr 2017 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item