YUSUF BAGUS MAULANA ISHAK, 126207203128 (2024) KEPEMIMPINAN KARISMATIK KH. ADIB MINANURROHMAN ALI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER..pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK..pdf Download (413kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) |
||
Text
BAB I..pdf Download (208kB) |
||
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text
BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V..pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB VI..pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Karismatik KH. Adib Minanurrohman Ali dalam Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Yusuf Bagus Maulana Ishak, NIM 126207203128. Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag., NIP. 197305072000032001 Kata Kunci : Kepemimpinan, Karismatik Kiai, Karakter Santri Penelitian ini didasari atas fenomena maraknya kasus degradasi moral yang terjadi di pondok pesantren, banyaknya kasus tersebut mengakibatkan citra Kiai dan Pesantren menjadi tercoreng. Peran Kiai sangat diperlukan untuk menangani hal tersebut, karena Kiai merupakan figur sentral yang dapat membawa perubahan bagi lingkungan dan juga karakter santri. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Profil Kepemimpinan KH. Adib Minanurrohman Ali dalam Membentuk Karakter Santri?(2) Bagaimana Peran Kepemimpinan Karismatik KH. Adib Minanurrohman Ali dalam Membentuk Karakter Santri?(3) Bagaimana Faktor Penghambat dan Pendukung Kepemimpinan Karismatik KH. Adib Minanurrohman Ali dalam Membentuk Karakter Santri? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data meliputi Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknis keabsahan data meliputi Uji Kreadibilitas, Pengujian Transferability,Pengujian Depenability, dan Uji Konfirmability. Tahap-tahap peneliti meliputi, tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penyelesaian. Hasil penelitian yang didapat sebagai berikut : (1) Profil kepemimpinan karismatik Kiai Adib dalam membentuk karakter santri terbukti dengan kepercayaan tinggi yang dimiliki Kiai Adib, komitmen yang kuat dan ideal, menjadi teladan bagi para santri, menjadi agen perubahan, peka terhadap perubahan, serta memiliki daya tarik yang kuat. (2) Peran kepemimpinan karismatik Kiai Adib dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung diantaranya sebagai pengasuh, sebagai teladan, orang tua, sebagai pemimpin, motivator, sebagai pelayan dan pendukung, sebagai pendidik, sebagai penentu arah. Sehingga terbentuklah karakter santri yang cinta ilmu, disiplin, berakhlaqul karimah, dan religius (3) Faktor Pendukung dan Penghambat kepemimpinan karismatik Kiai Adib dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung adalah pengasuh yang bijaksana, ustadz yang berkompetensi, pengurus yang tegas dalam menjalankan tugas. kurangnya kesadaran santri, perbedaan latar belakang santri yang sangat beragam, teknologi yang disalah gunakan sehingga memperlambat proses pembentukan santri di pondok pesantren.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203128 YUSUF BAGUS MAULANA ISHAK |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 05:04 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 05:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49593 |
Actions (login required)
View Item |