AFFAN GANESA DIADMAJA, 126201202124 (2024) Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Trenggalek. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (928kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Trenggalek” ditulis oleh Affan Ganesa Diadmahja, NIM. 126201202124. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr.Muhammad Jafar As-Shodiq, S.Kom, M.Pd.I. NIP.199007142023211024 Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar, Peserta didik Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya wawasan dan minat mempelajari ilmu agama keagamaan pada peserta didik,khususnya di sekolah umum. Banyak sekali kasus kurangnya pemahaman tentang dasar hukum,konsep dasar dan wawasan agama islam lainnya seperti siapa itu rasulullah, baca tulis Al-Qur’an, bahkan perintah,sunnah dan larangan dalam agama islam . beberapa masalah tersebut, salah satunya karena mereka kurangnya pengetahuan dan wawasan dalam mendalami ilmu agama. Hal ini menunjukkan bahwa meningkatkan motivasi belajar peserta didik sangat penting.maka dari itu strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, merupakan salah satu upaya tenaga pendidik khususnya guru pendidikan agama islam dalam memberikan sumbangsih dalam menangani kasus tersebut, sehingga mereka menjadi generasi muslim sesuai dengan tuntunan Islam. Fokus penelitian ini meliputi: (1.)Bagaimana Perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Trenggalek? (2.) Bagaimana Pelaksanaan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Trenggalek? (3.) Bagaimana Evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Pembelajaran Peserta Didik Di SMPN 1 Trenggalek? Penelitian ini meggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kepercayaan (credibility). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : perencaan untuk melaksanakan pembelajaran PAI oleh guru pendidikan agama islam dengan menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan minat peserta didik serta penggunaan media yang mendukung dalam terlaksanakannya strategi guru dalam pembelajaran. Kemudian guru melaksanakan pembelajaran dengan mengimplementasikan beberapa strategi yang telah di rencanakan sebelumnya pada pembelajaran PAI guna menunjang peningkatan motivasi belajar peserta didik, setelah itu guru PAI memberikan evaluasi terhadap pembelajaran guna menganalisis kekurangan untuk diperbaiki pada pertemuan berikutnya,
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202124 AFFAN GANESA DIADMAJA |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:45 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49602 |
Actions (login required)
View Item |