PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di NU CARE LAZISNU Trenggalek)

REININA FAUZIATI ROHMAH, 126404203057 (2024) PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus di NU CARE LAZISNU Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengelolaan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah di Lembaga Amil Zakat Sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat (Studi Kasus di NU CARE LAZISNU Trenggalek” yang ditulis oleh Reinina Fauziati Rohmah, NIM. 126404203057, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Rizal Furqan Ramadhan, S.Kom., MT. Zakat, infak, dan sedekah memiliki peran penting dalam membangun kehidupan sosial dan ekonomi yang adil. Penyerahan zakat hendaknya melalui badan amil zakat ataupun lembaga amil zakat agar dikelola dengan efektif. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi lembaga zakat saat ini adalah para muzakki lebih memilih untuk memberikan zakatnya langsung kepada mustahik. Permasalahan ini terjadi akibat rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengelola zakat di daerahnya. Dari wacana dan permasalahan tersebut, penulis sangat tertarik untuk mengetahui lebih dalam lagi dan ingin mengadakan sebuah penelitian pada NU CARE LAZISNU Trenggalek. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah untuk menganalisis pengelolaan dana ZIS di NU CARE LAZISNU Trenggalek, menganalisis hambatan NU CARE LAZISNU Trenggalek dalam mengelola dana ZIS, dan strategi NU CARE LAZISNU Trenggalek untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deksriptif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tenik pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi data. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pengelolaan dana ZIS, NU CARE LAZISNU Trenggalek menggunakan tahapan pengelolaan yang terdiri dari 5 tahap yang berupa tahap perencanaan, pelaksanaan, penghimpunan, pendistristribusian, dan terminasi. Hambatan yang ditemukan NU CARE LAZISNU Trenggalek dalam pengelolaan ZIS adalah kurangnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM), sulitnya penetapan sasaran, serta kurangnya pemahaman dan kepercayaan masyarakat terkait Lembaga Amil Zakat (LAZ). Untuk meningkatkan rasa kepercayaan masyaraat, NU CARE LAZISNU Trenggalek melakukan beberapa langkah seperti sosialisasi kepada masyarakat dan transparansi data keuangan pengelolaan dana ZIS. Kata kunci : pengelolaan ZIS, kepercayaan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 126404203057 REININA FAUZIATI ROHMAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:32
Last Modified: 31 Jul 2024 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49617

Actions (login required)

View Item View Item