STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY BATU BATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (Studi Kasus Home Industry Batu Bata Barokah Pada Masyarakat Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)

NADIA NURVITASARI, 126402202130 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY BATU BATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT (Studi Kasus Home Industry Batu Bata Barokah Pada Masyarakat Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Home Industry Batu Bata Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat(Studi Kasus Home Industry Batu Bata “Barokah” Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Nadia Nurvitasari, NIM 126402202130, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Ralmatullah Tulungagung dibimbing oleh: Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Home industry memainkan peran yang angat penting bagi perekonomian, terutama dalam meningkatkan pendapatan. Keberadaan home industri memberikan dampak positif yang signifikan pada perekonomian karena dapat membantu meciptakan lapangan pekerjaan tambahan serta dapat meningktkan pendapatan masyarakat. Strategi pengembangan ini bertujuan untuk keberlangsungan home industri batu bata “Barokah” di Desa Sukorejo dalam menghadapi persaingan industri sejenis yang nantinya akan memberikan peningkatan pendapatan untuk masyarakat yang tergabung didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan yang digunakan serta dampak home industri batu bata bagi pendapatan masyarakat Desa Sukorejo yang tergabung didalamnya Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Perolehan data yang diperlukan yaitu melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh akan di analisis dan di ulas oleh peneliti sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi home industry batu bata dalam menghadapi persaingan dalam bisnis saat ini sudah berjalan dengan baik. strategi yang dilakukan yaiitu menggunakan strategi trategi intensif dan juga strategi intregasi ke depan dalam melakukan pengembangannya diantaranya dengan cara membuat inovasi, melakukan pemasaran/promosi melalui media sosial, memberikan harga yang terjangkau, menjalin kerjasama kepada sesama pengrajin maupun makelar dan juga selalu bekerja keras dalam pengembangannya serta melakukan pengawasan baik dari awal proses produksi sampai tahapan penjualan . Adapun faktor pendukung dan penghambat pada pengembangan home industry batu bata yaitu faktor pendukungnya tenaga kerja dan bahan baku. Sedangkan faktor penghambatnya keterbatasan teknologi, kualitas sumber daya manusia, serta organisasi dan manajemen. Untuk dampak home industry batu bata bagi pendapatan masyarakat Desa Sukorejo telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan masyarakat Desa Sukorejo, dengan menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan penghasilan rumah tangga secara keseluruhan, melalui peningkatan pendapatan rumah tangga. Selain itu home industri batu bata di Desa Sukorejo memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan masyarakat setempat, karena banyaknya penduduk yang bekerja di dalamnya serta adanya peluang usaha tambahan yang terbuka. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Home Industry Batu Bata, Pendapatan Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202130 NADIA NURVITASARI
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:18
Last Modified: 02 Aug 2024 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49688

Actions (login required)

View Item View Item