STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA Al-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMPN 1 PULE TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2023/2024

ERMA NANDA TANTI RAHAYU, 126201202177 (2024) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA Al-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMPN 1 PULE TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas 7 di Smpn 1 Pule Trenggalek Tahun Ajaran 2023/2024”ini ditulis oleh Erma Nanda Tanti Rahayu, NIM 126201202177 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Agama Islam. Dosen Pembimbing LailatuzZuhriyah, M.Fil.l, M.Pd.I,. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Minat Baca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan minat membaca al-Qur’an pada siswa yang memasuki usia sekolah menengah pertama disebabkan oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Maka dari itu diperlukan strategi dari Guru Pendidikan Agama Islam agar mampu meningkatkan minat mereka dalam membaca al-Qur,an sebagai bekal mereka dalam kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana tahap perencanaan strategi peningkatan minat baca al-Qur’an pada peserta didik kelas 7 di SMPN 1 Pule Trenggalek?. 2. Bagaimana Bagaimana tahap pelaksanaan strategi peningkatan minat baca al-Qur’an pada peserta didik kelas 7 di SMPN 1 Pule Trenggalek?. 3. Bagaimana tahap evaluasi strategi peningkatan minat baca al-Qur’an pada peserta didik kelas 7 di SMPN 1 Pule Trenggalek?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan mekanisme perencanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an siswa kelas 7 di SMPN 1 Pule. 2. Untuk mendeskripsikan mekanisme pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an siswa kelas 7 di SMPN 1 Pule. 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an siswa kelas 7 di SMPN 1 Pule. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan, kehadiran peneliti (studi kasus), dengan lokasi penelitian di SMPN 1 Pule Trenggalek. Sumber data penelitian dalam bentuk data primer dan data skunder yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi , dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, serta penyajian data. Teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi, derajat kepercayaan, kebergantungan, kepastian (confirmability) Hasil penelitian ini adalah 1. Perencanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an yaitu menentukan tujuan, mempersiapkan materi serta media yang akan digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam. 2. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode klasikal dengan strategi drill, baca simak, strategi pembiasaan, serta penugasan dan juga pemberian motivasi. Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengevaluasi kegiatan materi baca al-Qur’an dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif yaitu mengevaluasi setiap perubahan tingkah laku peserta didik setiap minggu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202177 ERMA NANDA TANTI RAHAYU
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:21
Last Modified: 22 Aug 2024 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49769

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item