PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TEORI WALLAS DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

UMI NADZIROH, 1880512220025 (2024) PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TEORI WALLAS DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (519kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses berpikir kreatif merupakan proses berpikir yang dapat melahirkan gagasan baru dalam memecahkan suatu permasalahan. Penyelesaian masalah adalah suatu cara atau strategi yang dilakukan untuk menemukan solusi dari suatu masalah matematika berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki. Proses berpikir kreatif sangat penting karena merupakan salah satu kemampuan matematika yang harus dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Berdasarkan observasi yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat perbedaan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah. Maka dari itu diperlukan sebuah analisis untuk mengetahui proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah berdasarkan teori Wallas. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras berdasarkan teori Wallas dengan kemampuan awal matematika tinggi di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. 2) Mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras berdasarkan teori Wallas dengan kemampuan awal matematika sedang di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. 3) Mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras berdasarkan teori Wallas dengan kemampuan awal matematika rendah di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah think aloud, tes, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Proses berpikir kreatif siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras berdasarkan teori Wallas memenuhi 4 indikator dengan baik yaitu tahap persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. 2) Proses berpikir kreatif siswa dengan kemampuan awal matematika sedang dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras berdasarkan teori Wallas memenuhi 4 indikator dengan cukup baik yaitu tahap persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. 3) Proses berpikir kreatif siswa dengan kemampuan awal matematika rendah dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras berdasarkan teori Wallas hanya memenuhi 3 indikator yaitu tahap persiapan, inkubasi, dan iluminasi. Kata kunci: proses berpikir kreatif, penyelesaian masalah, teorema Pythagoras, teori Wallas

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220025 UMI NADZIROH
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:54
Last Modified: 01 Aug 2024 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49776

Actions (login required)

View Item View Item