PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DEVIRA PUTRI AGUSTINE, 126201201042 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (548kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Islami Peserta Didik di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Devira Putri Agustine, NIM 1262012010, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. NIP 19690331 1994031002 Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Islami. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter islami peserta didik yang mengalami kemerosotan moral. Karakter islami merupakan suatu hal yang dinilai memiliki kedudukan tinggi dari apapun. Maka dari itu perlu adanya upaya khusus dan perhatian khusus terhadap karakter islami. Adanya beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan karakter Islami mengakibatkan hal tersebut berdampak buruk pada diri peserta didik. Penanaman karakter islami ini disalurkan melalui pendidikan yang berorientasi pada peran guru pendidikan agama islam. Maka dari itu diperlukan peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter islami peserta didik. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai mentor dalam menanamkan karakter islami peserta didik di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan karakter islami peserta didik di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimanan peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam menanamakan karakter islami peserta didika di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai mentor dalam menanamkan karakter Islami peserta didik di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan karakter Islami peserta didik di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai evaluator dalam menanamkan karakter Islami peserta dididk di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian data, data yang digali berdasarkan tiga komponen orang, tempat, dan kertas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201042 DEVIRA PUTRI AGUSTINE
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:00
Last Modified: 01 Aug 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49778

Actions (login required)

View Item View Item