STRATEGI SISTEM INFORMASI SEBAGAI APLIKASI PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT (Studi di LAZISNU Wonodadi Blitar)

LUTFIATUL KHASANAH, 126404201014 (2024) STRATEGI SISTEM INFORMASI SEBAGAI APLIKASI PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT (Studi di LAZISNU Wonodadi Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini judul “Strategi Sistem Informasi Sebagai Aplikasi Pengelolaan Zakat, Infak, Dan Sedekah Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi di LAZISNU Wonodadi Blitar).” yang ditulis oleh Lutfiatul Khasanah, 126404201014. Program Studi Manejemen Zakat. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Konteks Penelitian ini adalah dilatar belakangi oleh sistem informasi sebagai aplikasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui lembaga-lembaga zakat. Salah satu contoh Lembaga Amin Zakat yang terus mengembangkan pelayanan digitalisasi ini adalah LAZISNU Wonadadi Blitar. LAZISNU Wonodadi Blitar sebagai penghimpun dan pengelola zakat, infak, dan sedekah dari masyarakat, berkewajiban meningkatkan kepuasan muzaki atau donatur dalam memberikan layanan ZIS demi mewujudkan arus baru kemandirian ekonomi masyarakat. Fokus Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana mekanisme dan strategi Sistem Informasi sebagai aplikasi pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di LAZISNU Wonodadi Blitar? 2)Bagaimana aplikasi Sistem Informasi di LAZISNU Wonodadi Blitar dapat mempercepat proses pengelolaan aliran dana dari masyarakat? 3)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pada aplikasi Sistem Informasi di LAZISNU Wonodadi Blitar? Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut teori Cresswell yaitu di klasifikasikan menjadi beberapa kategori data, kemudian dianalisis dan disimpulkan secara umum. Hasil penelitian ini yaitu: 1)Mekanisme dan strategi sistem informasi yang diterapkan oleh LAZISNU Wonodadi Blitar merupakan upaya yang holistik dan berkelanjutan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pengelolaan zakat, infak, dan sedekah secara efektif dan efisien. Dengan pendekatan transparan dan berbasis teknologi informasi merupakan upaya untuk menciptakan dampak yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat. 2)Aplikasi sistem informasi di LAZISNU Wonodadi Blitar dapat mempercepat proses pengelolaan aliran dana dari masyarakat yaitu melalui aplikasi SIMZIS tidak hanya mempercepat proses pengelolaan aliran dana, tetapi juga meningkatkan integritas dan kepercayaan dalam hubungan antara organisasi dan masyarakat. 3)Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi aplikasi sistem informasi seperti SIMZIS di LAZISNU Wonodadi Blitar dapat memengaruhi kesuksesan dan efektivitas penggunaannya. Faktor pendukung berkaitan dengan kesadaran dan infrastruktur, sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya sumber daya manusia yang memahami IT. Kata Kunci: Sistem Informasi, Aplikasi Pengelolaan ZIS, pelayanan Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 126404201014 LUTFIATUL KHASANAH
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:04
Last Modified: 01 Aug 2024 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49861

Actions (login required)

View Item View Item