PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

FITRI CHOIRUN NISA', 126209202071 (2024) PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

Pendidikan telah dimulai sejak manusia lahir dalam bentuk pemberian warisan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dari para orang tua dalam mempersiapkan anak-anaknya menghadapi persoalan kehidupan di masa depan. Pendidikan telah menjadi persoalan penting dan keharusan karena dengan pendidikan akan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Banyaknya sikap yang mulai melemah yang mengakibatkan penurunan sikap disiplin pada siswa dalam dunia pendidikan. Pembenahan sikap disiplin dalam diri siswa tidak terlepas dari adanya campur tangan seorang guru. Proses pembentukan sikap disiplin ini dapat dilakukan melalui pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Mata pelajaran IPS mempunyai tugas untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap lingkungan atau masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Dengan demikian, perlu adanya peran guru IPS dalam membantu membentuk sikap disiplin siswa tersebut. SMPN 3 Kedungwaru memiliki beberapa siswa yang terindikasi kurang disiplin, baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Seperti masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas, ada siswa yang suka berbicara di kelas saat pelajaran dimulai, ada siswa yang terlambat datang ke sekolah, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru IPS dalam membentuk sikap disiplin siswa di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dengan pengecekan keabsahan penelitian menggunakan cara Triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya sikap disiplin siswa pada kelas 8 SMPN 3 Kedungwaru belum sepenuhnya terpenuhi, kemudian peran guru IPS cukup berkontribusi dalam membentuk sikap disiplin siswa SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung, serta faktor yang dihadapi guru IPS dalam pembentukan sikap disiplin siswa yaitu, lingkungan, keluarga dan masyarkat. Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Disiplin

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202071 FITRI CHOIRUN NISA'
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:22
Last Modified: 13 Aug 2024 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49909

Actions (login required)

View Item View Item