STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SESUAI TAJWID DI MI AL-HUDA 1 PANDANARUM SUTOJAYAN BLITAR

SAYIDATUL FATIMATUZ ZAHRO', 126205203234 (2024) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SESUAI TAJWID DI MI AL-HUDA 1 PANDANARUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh begitu pentingnya belajar Al-Qur‟an karena Al-Qur‟an berisi petunjuk bagi manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dan mengajarkan membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid merupakan kewajiban bagi setiap orang tua maupun guru, membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid harus dimulai sejak usia anak-anak, sebab dengan cara demikian berarti telah memberi ketrampilan dasar yang selanjutnya akan dikembangkan pada usia dewasa. Jika anak sejak dini sudah diajarkan membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid, mereka akan mudah untuk membaca Al-Qur‟an. Akan tetapi banyak peserta didik yang belum lancar membaca Al-Qur‟an bahkan buta huruf belum bisa membaca Al-Qur‟an dan mengenal tajwid, sedangkan membaca Al-Qur‟an bernilai ibadah bagi seorang muslim. Oleh karena itu, guru kelas di MI AL-HUDA 1 Pandanarum yang mempunyai strategi dalam mengenalkan Al-Qur‟an dan juga meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid sebagai bekal kehidupan bermasyarakat dan beragama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid di MI AL-HUDA 1 Pandanarum?. 2) Bagaimana hambatan guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid di MI AL-HUDA 1 Pandanarum?. 3) Bagaimana solusi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid di MI AL-HUDA 1 Pandanarum?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini aalah metode kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verivikasi. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian adalah triangulasi dan instrumen penelitian. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid melalui program muroja‟ah mengulang materi yang disampaikan guru agar bisa cepat memahami Al-Qur‟an dan tajwid, guru melakukan bimbingan tentang belajar Al-Qur‟an dengan fasih dan juga sesuai tajwid dan kegiatan ekstrakulikuler sbq. 2) hambatan guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur‟an sesuai tajwid yaitu guru kurang dalam menyiapkan strategi belajar Al-Qur‟an, kurangnya sarana dan prasarana madrasah, kurangnya siswa dalam mempelajari Al-Qur‟an baik dari huruf, harakat, makharijul huruf dan juga tajwid dan kurangnya dukungan dari orang tua kepada anak dalam kegiatan membaca Al-Qur‟an. 3) Solusi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai tajwid adalah membimbing peserta didik dalam mempelajari Al- Qur‟an dan tajwid, menyusun strategi yang maksimal agar pada saat pembelajaran peserta didik tidak bosan dan ilmu yang ditangkap bisa maksimal, menambah buku bacaan agar ilmu yang didapat peserta didik bertambah, melakukan kegiatan murajaah agar materi yang disampaikan tidak lupa, mewajibkan peserta didik kelas 3-6 untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sbq untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari Al-Qur‟an dan tajwid, dan orang tua harus bisa memberikan dukungan kepada anaknya dalam mempelajari Al-Qur‟an sesuai tajwid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203234 SAYIDATUL FATIMATUZ ZAHRO'
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:00
Last Modified: 02 Aug 2024 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49966

Actions (login required)

View Item View Item