DAMPAK TIDAK MENYELENGGARAKAN JAMINAN KESEHATAN DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tulungagung)

FADHILA NUR LAILI FIRDAUS, 126101201020 (2024) DAMPAK TIDAK MENYELENGGARAKAN JAMINAN KESEHATAN DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fadhila Nur Laili Firdaus, NIM 126101201020, “Dampak Tidak Menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Ditinjau Dari Hukum Positif dan Hukum Islam (Studi Kasus BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tulungagung).” Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Abd. Khair Wattimena, M.H. Kata Kunci: Dampak Perusahaan, Hukum Positif, Hukum Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perusahaan yang melanggar atau tidak patuh terhadap BPJS Kesehatan. Masih sering terjadi pihak perusahaan enggan mendaftarkan dan membayar jaminan kesehatan karyawannya, memanipulasi data karyawan kepada pihak BPJS, penggelapan dana jaminan kesehatan perusahaan, serta pelanggaran yang lainnya. Sehingga penulis ingin meneliti lebih dalam bagaimana dampak perusahaan yang tidak menyelenggarakan jaminan kesehatan serta bagaimana pandangan hukum positif dan hukum Islam terkait hal tersebut. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana dampak dari perusahaan yang tidak menyelenggarakan jaminan kesehatan terhadap karyawannya, 2) Bagaimana jaminan sosial BPJS Kesehatan terhadap karyawan menurut perspektif hukum positif, 3) Bagaimana jaminan sosial BPJS Kesehatan jika ditinjau dari hukum islam. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan dampak dari perusahaan yang tidak menyelenggarakan jaminan kesehatan terhadap karyawannya, 2) Menganalisis tinjauan hukum positif tentang jaminan kesehatan terhadap karyawan, 3) Menganalisis tinjauan hukum islam dalam penyelanggaraan jaminan sosial BPJS kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu teknis analisis data yang digunakan adalah analisis sebelum lapangan dan analisis selama dan setelah di lapangan (kondensasi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi). Teknik pengecekan keabsahan data dengan cara perpanjang kehadiran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kewajiban mendaftarkan BPJS Kesehatan berlaku bagi setiap perusahaan. Jika terjadi pelanggaran maka perusahaan yang bersangkutan akan dijatuhi hukuman andministrasi atau pidana, 2) Dalam penerapannya, jaminan kesehatan karyawan dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS Kesehatan, 3) Penyelenggaraan dan transaksi BPJS Kesehatan masih menjadi perdebatan dalam hukum Islam. Terdapat 2 pendapat berbeda, ada yang membolehkan dan tidak membolehkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201020 FADHILA NUR LAILI FIRDAUS
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:26
Last Modified: 03 Sep 2024 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49985

Actions (login required)

View Item View Item