MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN KOTA BLITAR

SILVIA HERMILA, 126207203104 (2024) MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Strategis Kepala Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Silvia Hermila, NIM 126207203104, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd., NIP. 197008171998032001 Kata Kunci: Manajemen Strategis, Kepala Sekolah, Karakter Religius Berdasarkan konteks penelitian bahwa berbagai masalah nasional yang kompleks dan tidak kunjung selesai seperti krisis moral, banyaknya berita mengenai kemrosotan moral atau akhlak yang sering terdengar di televisi maupun media sosial yang berdampak negatif dan merugikan banyak pihak. Berdasarkan hal itu, sekolah merupakan sarana pendidikan formal yang penting dalam membentuk karakter siswa. Dalam membentukan karakter religius siswa memerlukan pembiasaan budaya religius yang ada di madrasah, agar terlaksananya tujuan tersebut diperlukanya manajemen strategis dari kepala sekolah . keberhasilan suatu lembaga pendidikan tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini yang menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan program kegiatan kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN Kota Blitar? (2) Bagaimana Implementasi program kegiatan kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN Kota Blitar? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi program kegiatan kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN Kota Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi serta faktor pengdukung dan penghambat implementasi program kegiatan kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berasal dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengadopsi dan mengembangkan pola interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman terdiri dari kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan dengan credibility (kepercayaan) terdiri dari pengamatan terus menerus, ketekunan pengamat dan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu). Hasil penelitian ini bahwa (1) Perencanaan program kegiatan kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN Kota Blitar dilaksanakan dengan menyusun perencanaan program kegiatan di awal tahun ajaran baru bersama kepala sekolah dan tim pengembang madrasah sesuai dengan visi misi madrasah dengan menghasilkan program kegiatan, penanggung jawab, pembiayaan, serta sarana prasarana yang akan dibutuhkan. (2) Pelaksanaan program kegiatan kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN Kota Blitar merupakan penerapan dari perencanaan yang telah di susun oleh kepala sekolah dan tim pengembang madrasah. Adapun program yang telah disusun yaitu program yang ada di dalam kelas seperti pelaksanaan standar kecakapan ubudiyah (SKU), program di luar kelas seperti kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan keagamaan dan peringatan PHBI seperti peringatan hari santri, isro’ mi’roj dan maulid nabi Muhammad SAW serta kegiatan pembiasaan seperti tadarus Al-Qur’an, senyum, salam sapa (3S), sholat dhuha berjama’ah, sholat dzuhur dan ashar berjama’ah, dan infak jum’at. (3) Faktor pendukung dari program kegiatan kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN Kota Blitar diantaranya kepala sekolah yang dapat menjadi tauladan atau contoh bagi siswa, memberikan strategi berupa kegiatan keagamaan, pengadaan sarana prasarana yang mendukung kegiatan dan lingkungan keluarga atau masyarakat yang paham agama serta kesadaran diri. Faktor penghambat program kegiatan kepala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN Kota Blitar adanya siswa yang kurang sadar akan karakter religius di sekolah, kurangnya kesadaran dari Bapak Ibu guru dalam memberikan contoh tauladan bagi siswa dan lingkungan baik keluarga yang kurang agamis ataupun masyarakat yang memberikan pengaruh kurang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kepemimpinan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203104 SILVIA HERMILA
Date Deposited: 02 Aug 2024 09:01
Last Modified: 02 Aug 2024 09:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50013

Actions (login required)

View Item View Item