IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA AJAR BERBASIS MIXED-MEDIA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI-H MAN 2 BLITAR

FIRNANDA RIVA TERESYA, 126209201011 (2024) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA AJAR BERBASIS MIXED-MEDIA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI-H MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Penggunaan Media Ajar Berbasis Mixed-Media pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI-H MAN 2 Blitar” ini dtulis oleh Firnanda Riva Teresya NIM 126209201011, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing langsung oleh Bapak Yudi Krisno Wicaksono, M.IP., NIP. 199104252019031021. Kata Kunci: Implementasi, Media Ajar, Mata Pelajaran Geografi Teknologi informasi saat ini semakin berkembang pesat sehingga memudahkan kegiatan belajar mengajar untuk mengakses berbagai macam informasi. Pemanfaatan teknologi dengan menggunakan media ajar dapat menjadi sebuah inovasi dalam pembelajaran karena menciptakan suasana yang lebih menarik dan membantu peserta didik mencapai hasil belajar yang memuaskan. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dalam sebuah pembelajaran sehingga tercipta komunikasi efektif antara guru dengan peserta didik. Media pembelajaran yang digunakan guru dalam mata pelajaran Geografi berbasis mixed-media yang berupa media PowerPoint dan media Youtube. Mixed-media dapat menampilkan materi berupa kata-kata, gambar, video, dan audio untuk mempermudah serta meningkatkan pemahaman peserta didik. Peningkatan pemahaman peserta didik dilihat dari partisipasi aktif, mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan dalam penggunaan media ajar berbasis mixed-media pada mata pelajaran Geografi kelas XI-H di MAN 2 Blitar, (2) untuk mengetahui hambatan dan tantangan dalam penggunaan media ajar berbasis mixed-media pada mata pelajaran Geografi kelas XI-H di MAN 2 Blitar, dan (3) untuk mengetahui dampak dalam penggunaan media ajar berbasis mixed-media pada mata pelajaran Geografi kelas XI-H di MAN 2 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti yaitu sebagai berikut: (1) penggunaan media pembelajaran terdapat persiapan yaitu mempersiapkan modul ajar, mempersiapkan materi yang akan dibahas, mempersiapkan media ajar berbasis mixed-media yang akan digunakan. Kemudian untuk penerapannya yaitu guru menyampaikan capaian tujuan pembelajaran, menjelaskan materi, melakukan interaksi dengan peserta didik, dan melakukan kegiatan pembelajaran seperti kegiatan pembuka, inti, dan penutup. (2) Hambatan yang terjadi pada proses pembelajaran adalah sarana dan prasarana di MAN 2 Blitar sudah tersedia lengkap, hanya jaringan koneksi internet yang lambat pada saat mengakses materi menggunakan media Youtube. Tantangan yang harus dihadapi adalah guru dituntut untuk terus kreatif dan inovatif untuk menerapkan media pembelajaran yang menarik. (3) Dampak yang didapatkan dari penggunaan mixed-media adalah mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran Geografi. Peserta didik menjadi lebih berpartisipasi aktif, meningkatnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201011 FIRNANDA RIVA TERESYA
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:40
Last Modified: 02 Aug 2024 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50037

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item