NINA ISNAWATI, 126208203095 (2024) ANALISIS LITERASI SAINS MODUL AJAR BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 DI MA DARUL HUDA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (815kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
kripsi dengan judul “ Analisis Literasi Sains Modul Ajar Biologi Kelas X Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 Di Ma Darul Huda” ini ditulis oleh Nina Isnawati, NIM. 126208203095, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Modul ajar, Literasi Sains, Biologi Literasi sains berkaitan dengan kemampuan untuk menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi, merancang penyelidikan ilmiah, menafsirkan data dan bukti secara ilmiah untuk memahamisifat dan perubanan yang dibawa oleh aktivitas manusia dalam membantu membuat keputusan tentang alam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik yang disebabkan dengan bahan ajar atau sumber belajar yang kurang memperhatikan komponen literasi sains. Modul ajar kelas X semester ganjil yang digunakan di MA Darul Huda apakah sudah memenuhi standar dimensi literasi sains secara utuh sesuai dengan instrument yang dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tingkat dimensi literasi sains modul ajar Biologi kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang digunakan di MA Darul Huda berdasarkan sains sebagai batang tubuh pengetahuan (a body of knowledge ), (2) Mendeskripsikan tingkat dimensi literasi sains modul ajar Biologi kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang digunakan di MA Darul Huda berdasarkan sains sebagai cara berpikir (Science a way of thinking), (3) Mendeskripsikan tingkat dimensi literasi sains modul ajar Biologi kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang digunakan di MA Darul Huda berdasarkan sains sebagai cara menyelidiki Science a way of investigating, (4) Mendeskripsikan tingkat dimensi literasi sains modul ajar Biologi kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang digunakan di MA Darul Huda berdasarkan interaksi sains, teknologi dan masyrakat (science and its interaction with technology and society). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis isi, menelaah dan mengidentifikan isi modul ajar sesuai dengan konsep-konsep Biologi yang disusun pada tabel instrument yang telah divalidasi Teknik pengumpulan data dengan metode studi dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian modul ajar ini adalah 1) presentase dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan (science as a body of knowledge) terdapat 60,66% dengan kriteria baik, (2) presentase dimensi sains sebagai cara berpikir (science as a way of thinking) hanya terdapat 4,39% dengan kriteria kurang baik, (3) presentase dimensi sains cara menyelidiki (science as a way of investigating) 22,58% dengan kriteria kurang baik, (4) presentase dimensi interaksi sains, teknologi dan masyarakat (science and its interaction with technology and society) 10,54% dengan kriteria kurang baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa deskripsi dimensi literasi sains dalam modul ajar Biologi kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 di MA Darul Huda memperoleh nilai 24,645% dengan kriteria kurang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Buku Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208203095 NINA ISNAWATI |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:41 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 08:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50040 |
Actions (login required)
View Item |