RIFDA AMALIA PUTRI, 12209183034 (2024) STRATEGI GURU IPS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs SATU ATAP DARUL ISTIQOMAH BOJONEGORO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (862kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rifda Amalia Putri. 12209183034. Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Bagus Setiawan, M.Pd. Kata kunci : Strategi, Guru IPS, Kedisiplin belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta pada lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas VIII di MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro masih ada beberapa siswa yang yang tidak melakukan perilaku disiplin yaitu patuh terhadap tata tertib sekolah, rajin belajar, mandiri dalam belajar, jujur, bertingkah laku yang menyenangkan. Hal ini ditunjukkan oleh peneliti melalui pengamatan dan wawancara terkait kedisiplinan sikap atau perbuatan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber guna melakukan keabsahan data. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi guru IPS dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro? 2) Kendala dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro? 3) Bagaimana solusi dan hasil guru IPS dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII Di MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa adalah guru memberikan nasehat dan motivasi kepada siswa guru membentuk tata tertib secara tertulis yang sudah disepakati oleh pihak MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro, guru akan memberikan poin dan hukuman terhadap siswa yang melakukan pelanggaran. 2) Kendala dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro adalah kurangnya kesadaran dalam diri siswa, kurangnya dukungan dari orang tua. 3) Solusi guru IPS Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro adalah guru konsisten melakukan kebijakan sesuai aturan yang telah ditetapkan dalam arti guru memberikan hukuman tidak sesuai keinginan sendiri melainkan sesuai prosedur dan kesepakatan yang di tetapkan MTs Satu Atap Darul Istiqomah Bojonegoro.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183034 RIFDA AMALIA PUTRI |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:14 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50056 |
Actions (login required)
View Item |