PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING SANTRI KELAS III MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR

ARIFATUL HIDAYATI DESTY PURNAMASARI, 12201183015 (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING SANTRI KELAS III MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Santri Kelas III Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” ini ditulis oleh Arifatul Hidayati Desty Purnamasari, NIM. 12201183015, pembimbing Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran, Kitab Kuning Penelitian ini dilatar belakangi adanya problematika santri dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren bustanul muta’allimin yakni ketika proses pembelajaran kitab kuning. Problematika yang terjadi pada santri meliputi kurangnya semangat, minat dalam mengkaji kitab kuning serta sulitnya memahami dan mengkaji kitab kuning. Oleh karena itu, peneliti mempunyai motivasi untuk meneliti tentang problematika pembelajaran kitab kuning santri kelas III madrasah diniyah Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Fokus dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana bentuk – bentuk problema pembelajaran kitab kuning yang dihadapi santri pondok pesantren bustanul muta’allimin kota blitar? (2) Apa faktor yang mempengaruhi munculnya berbagai problema pembelajaran kitab kuning yang dihadapi santri pondok pesantren bustanul muta’allimin kota blitar? (3) Bagaimana solusi pondok pesantren bustanul muta’allimin kota blitar dalam menyelesaikan problema pembelajaran kitab kuning yang dihadapi para santri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data yang digunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bentuk-bentuk problema pembelajaran kitab kuning yang dihadapi santri pondok pesantren bustanul muta’allimin kota blitar yaitu tiga macam problem metodologis, problem kultural dan problem sosial. (2) Faktor yang mempengaruhi munculnya berbagai problema pembelajaran kitab kuning yang dihadapi santri adalah faktor internal dan faktor eksternal. (3) Solusi yang telah dilakukan oleh pondok pesantren bustanul muta’allimin kota blitar dalam menyelesaikan problematika yang dihadapi santri dalam mengikuti pembelajaran kitab kuning adalah bimbingan intensif, muroja’ah, syawir, kesiapan santri dan pendidik dalam proses pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah pondok pesantren bustanul muta’allimin kota blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183015 ARIFATUL HIDAYATI DESTY PURNAMASARI
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:51
Last Modified: 05 Aug 2024 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50084

Actions (login required)

View Item View Item