DEVITA FITRIANI, 126204202085 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATERI ALJABAR SISWA KELAS VII MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Materi Aljabar Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Devita Fitriani, NIM. 126204202085 dengan dosen pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Kemampuan Komunikasi Matematis, Hasil Belajar. Kemampuan komunikasi dalam pelajaran matematika masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Rata-rata siswa masih ragu dan pasif ketika diminta untuk menyampaikan ide-ide matematika. Kemampuan komunikasi matematis yang rendah akan berdampak pada hasil belajar yang ikut rendah pula. Dalam hal ini perlu adanya model pembelajaran yang berbeda agar menjadikan siswa lebih tertarik untuk mempelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran SAVI. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan komunikasi matematis materi aljabar siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar materi aljabar siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar materi aljabar siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah sample random sampling, dengan terpilihnya kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intellectual) terhadap kemampuan komunikasi matematis materi Aljabar siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung berdasarkan hasil uji SPSS 26.0 for windows bahwa nilai t_hitung=2,713>〖2,000=t〗_tabel dan nilai Signifikansi 0,009<0,05. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intellectual) terhadap hasil belajar materi Aljabar siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung berdasarkan hasil uji SPSS 26.0 for windows bahwa nilai t_hitung=6,093>〖2,000=t〗_tabel dan nilai Signifikansi 0,000<0,05. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual, intellectual) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar materi Aljabar siswa kelas VII MTsN 3 Tulungagung berdasarkan hasil uji SPSS 26.0 for windows bahwa nilai Signifikansi 0,000<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202085 DEVITA FITRIANI |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:55 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50138 |
Actions (login required)
View Item |