MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU KINERJA GURU (Studi Multikasus di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum Blitar)

CINDY PAKASTIAWI MUSLIM, 1880501220020 (2024) MANAJEMEN PERSONALIA DALAM MENINGKATKAN MUTU KINERJA GURU (Studi Multikasus di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Personalia Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru (Studi Multikasus di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum Blitar)” yang ditulis oleh Cindy Pakastiawi Muslim, NIM 1880501220020, dibimbing oleh. Prof. Dr. H. Akhyak. M.Ag. dan Dr. Hj. Chusnul Chotimah. M.Ag Kata Kunci: Manajemen Personalia, Mutu Kinerja Guru Personalia adalah orang-orang yang melaksanakan suatu tugas untuk mencapai tujuan. Faktor manusia didalam proses manajemen merupakan faktor yang utama, yaitu yang menentukan dalam keseluruhan proses itu, karena manusialah yang harus bekerja sama agar tujuan yang dirumuskannya dapat dicapai secara efektif. Oleh karena itu dalam proses manajemen faktor manusia harus diatur, dikendalikan dan dikembangkan secara efisien pula guna meningkatkan aktivitasnya dalam mencapai tujuan. Agar personalia sekolah tersebut dapat menjalankan hak dan kewajibannya dengan baik perlu suatu pengaturan, yaitu manajemen personalia. Berdasarkan hasil pra survey di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum Blitar seluruh komponen hampir sudah terlaksana, Oleh karna itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen personalia di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum Blitar secara komprehensif melalui studi lintas kasus. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengelolaan rekrutmen personalia dalam meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di MTsN 4 Blitar Dan SMPN 1 Garum Blitar? (2) Bagaimana penempatan Personalia dalam meningkatkan mutu kinerja guru di MTsN 4 Blitar Dan SMPN 1 Garum Blitar? (3) Bagaimana proses pengembangan kapasitas personalia dalam meningkatkan mutu kinerja guru di MTsN 4 Blitar Dan SMPN 1 Garum Blitar? (4) Bagaimana pengelolaan kompensasi personalia dalam meningkatkan mutu kinerja guru di MTsN 4 Blitar Dan SMPN 1 Garum Blitar? dan (5) Bagaimana pembinaan personalia dalam meningkatkan mutu kinerja guru di MTsN 4 Blitar Dan SMPN 1 Garum Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data: wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data meliputi orang, tempat dan data-data. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik penarikan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Rekrutmen personalia di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum adalah rekrutmen dengan sistem yang terstruktur dan komprehensif yang meliputi: analisis kebutuhan, pendekatan multitahap, dan penekanan pada aspek khusus. MTsN 4 Blitar menekankan pada tes keagamaan sebagai seleksi sesuai dengan karakteristik madrasah yang mengintegrasikan pendidikan agama. Sementara itu, SMP Negeri 1 Garum menambahkan micro teaching dalam proses seleksi untuk menilai kemampuan mengajar calon guru secara praktis. (2) Penempatan personalia di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum terbagi menjadi dua bagian yakni penempatan guru PNS dan non PNS, untuk guru PNS penempatan telah di atur dan kelola oleh DInas dan Kementerian terkait. Sedangkan untuk guru non PNS, proses penempatan sepunuhnya dikelola oleh pihak sekolah secara bertahap dan terstruktur. (3) Pengembangan kapasitas personalia di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum diarahkan pada pengembangan rutin dan insidentil. Pengembangan rutin berupa pemberian dorongan motivasi terhadap profesionalitas guru dan pegawai. Sedangkan pengembangan insidentil adalah pendelegasian guru untuk mengikuti forum ilmiah seperti MGMP, workshop dan seminar-seminar. (4) Kompensasi personalia di MTs Negeri 4 Blitar dan SMP Negeri 1 Garum meliputi kompensasi finansial dan non finansial. kedua lembaga memiliki kebijakan yang relatif sama yaitu berupa gaji pokok dari pemerintah untuk tenaga PNS, untuk tenaga non PNS gaji pokok bersumber dari dana komite sekolah. Tunjangan sertifikasi untuk pegawai yang sudah bersertifikasi, selain itu ada tunjangan hari raya idul fitri kepada seluruh personel sekolah. untuk kompensasi non finansial berupa pengembangan karir dan pengembangan diri. (5) Pembinaan personalia di MTs Negeri 4 Blitar meliputi pengarahan, pengawasan, pelatihan dan evaluasi. Sedangkan di SMP Negeri 1 Garum dilakukan dengan berbagai cara antara lain: Pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, penghargaan secara efektif serta evaluasi secara berkala.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220020 CINDY PAKASTIAWI MUSLIM
Date Deposited: 27 Aug 2024 05:09
Last Modified: 27 Aug 2024 05:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50165

Actions (login required)

View Item View Item