AVIVAH FAUZIAH FIRDA AGUSTIN, 126211202041 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X SMAN 1 DURENAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi ini yang berjudul “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pemanasan Global Kelas X SMAN 1 Durenan” yang ditulis oleh Avivah Fauziah Firda Agustin, NIM. 126211202041,Program Studi Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Project Based Learning, Kreativitas, Hasil Belajar Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi guru dalam pembelajaran yang mengakibatkan masih rendahnya tingkat kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa. Pembelajaran di kelas sering kali hanya berfokus pada dua atau bahkan satu model pembelajaran saja, salah satunya adalah model discovery learning dengan metode ceramah. Kurangnya variasi model pembelajaran tersebut mengakibatkan tingkat kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah. Upaya untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih sesuai. Model pembelajaran tersebut adalah model project based learning yang dapat membantu kedua aspek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh project based learning terhadap kreativitas, hasil belajar kognitif, dan kreativitas dan hasil belajar kognitif pada materi pemanasan global kelas X SMAN 1 Durenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 315 siswa dengan sampel 70 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan kelas yang digunakan yaitu kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari masing-masing siswa 35. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah instrumen soal kreativitas dan soal hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan 3 uji, yaitu uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), uji hipotesis (uji mann whitney, uji t, uji kruskal wallis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh penerapan model project based learning terhadap kreativitas pada materi Pemanasan Global Kelas X SMAN 1 Durenan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. uji mann whitney (0.002 < 0.005), (2) Ada pengaruh penerapan model project based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Pemanasan Global Kelas X SMAN 1 Durenan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. uji t (0.000 < 0.005), (3) Ada pengaruh penerapan model project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Pemanasan Global Kelas X SMAN 1 Durenan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. uji kruskal wallis (0.002; 0.001 < 0.005).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211202041 AVIVAH FAUZIAH FIRDA AGUSTIN |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50235 |
Actions (login required)
View Item |