PENINGKATAN KUALITAS HIDUP PEREMPUAN DAN ANAK DALAM PERSPEKTIF MUBADALAH (Studi Pada Sekolah Perempuan, Anak, Dan Masyarakat Marjinal Di Kabupaten Nganjuk)

LUQMAN HAKIM ALI SYA'BANA, 126102202272 (2024) PENINGKATAN KUALITAS HIDUP PEREMPUAN DAN ANAK DALAM PERSPEKTIF MUBADALAH (Studi Pada Sekolah Perempuan, Anak, Dan Masyarakat Marjinal Di Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Luqman Hakim Ali Sya’bana, 126102202272, Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan Dan Anak Melalui Program Sapa Mama Di Kabupaten Nganjuk (Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan Dan Anak Melalui Program Sapa Mama Di Kabupaten Nganjuk) Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Eko Siswanto, M.HI. Kata kunci : Peningkatan, kualitas, perempuan Dalam Hal ini Patriarkisme juga sudah mengakar di kehidupan masyarakat indonesia Menurut kamus besar bahasa indonesia patriarki adalah tata kekeluargaan yang masih mementingkan garis keturunan bapak, penggunaan bahasa patriarki digunakan untuk mengilustrasikan sistem sosial dimana kelompok perempuan dikendalikan dan didominasi oleh kaum laki-laki. Budaya patriarki merupakan budaya dimana laki-laki mempunyai kedudukan lebih tinggi dari perempuan. Dalam budaya ini, ada perbedaan yang jelas mengenai tugas dan peranan perempuan dan laki-laki dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya dalam keluarga. Rumusan masalah ini adalah: 1.Bagaimana peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak pada program Sekolah Perempuan Anak Dan Masyarakat Marjinal di Kabupaten Ngnajuk? 2.Bagiamana analisis mubadalah terhadap program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Anak di Kabupaten Nganjuk? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis bertindak sebagai pengumpul data dan sebagai instrumen aktif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yakni, sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini, penulis mendapatkan hasil bahwa: (1) Penelitian ini menunjukkan bahwa program Sekolah Perempuan Anak dan Masyarakat Marjinal di Kabupaten Nganjuk berhasil meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak dengan memperluas akses pendidikan, memberdayakan ekonomi, meningkatkan kesehatan, dan memberikan perlindungan dari eksploitasi dan kekerasan. Program ini secara keseluruhan memperkuat kesejahteraan dan kemandirian mereka. (2) Analisis mubadalah terhadap program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Anak di Kabupaten Nganjuk menunjukkan bahwa program ini berhasil menciptakan kesetaraan gender melalui pendekatan inklusif. Program ini memperhatikan kebutuhan perempuan dan anak-anak, memperluas akses pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, serta mendorong partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan. Pendekatan ini memperkuat solidaritas komunitas dan memastikan manfaat yang adil bagi semua anggota masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202272 LUQMAN HAKIM ALI SYA'BANA
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:25
Last Modified: 01 Oct 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50240

Actions (login required)

View Item View Item