IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VII SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR

Nurma Nita Samsiyah, 126210202087 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VII SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (747kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SMPN 2 Kademangan Blitar telah menerapkan kurikulum merdeka khususnya di kelas VII dan VIII. Sekolah tersebut termasuk salah satu sekolah di Kabupaten Blitar yang menerapkan kurikulum merdeka lebih baik atau relevan dengan fokus penelitian. Hal ini didasarkan karena desain kurikulum di SMPN 2 Kademanagan Blitar yang inovatif. Penerapan kurikulum merdeka di SMPN 2 Kademangan berjalan kurang lebih dua tahun. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis melakukan penelitian di kelas VII SMPN 2 Kademangan Blitar terkait dengan bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran menulis teks berita dengan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang di dalamnya penulis bertindak sebagai instrumen utama. Penulis mendeskripsikan tentang pengimplementasian kurikulum merdeka yang terjadi di SMPN 2 Kademangan Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VII di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hasil penelitian implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VII SMPN 2 Kademangan Blitar menunjukkan bahwa (1) guru membuat perencanaan pembelajaran yang tersusun dalam MA (Modul Ajar), (2) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan hampir sesuai dengan rancangan pembelajaran, (3) evaluasi penilaian pembelajaran menulis teks berita dilakukan dengan tes dan nontes. Penilaian tersebut didasarkan pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202087 NURMA NITA SAMSIYAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:36
Last Modified: 09 Aug 2024 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50334

Actions (login required)

View Item View Item