EFEKTIVITAS MEDIA KOTAK MISTERI PADA MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X MAN 1 BLITAR

ANA ROHMATUL LUTFA, 126210202046 (2024) EFEKTIVITAS MEDIA KOTAK MISTERI PADA MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lutfa, Ana Rohmatul. 2024. Efektivitas Media Kotak Misteri pada Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X MAN 1 Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Media Kotak Misteri, Pembelajaran Menulis. Dikatakan pembelajaran efektif apabila berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan efektif. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari guru kepada siswa untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Permasalahan yang dialami siswa dalam menulis teks anekdot adalah kurang mampu mengembangkan ide atau gagasan ke dalam tulisan. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu media kotak misteri. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana efektivitas media kotak misteri pada menulis teks anekdot siswa kelas X MAN 1 Blitar? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas media kotak misteri pada menulis teks anekdot siswa kelas X MAN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain nonquivalent control group design. Populasi penelitian yaitu kelas X MAN 1 Blitar. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X-C dan kelas X-D. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang menghasilkan jumlah sampel 70 siswa dengan kelas X-C berjumlah 35 siswa dan kelas X-D berjumlah 35 siswa. Kelas X-D menjadi kelas eksperimen dan kelas X-C menjadi kelas kontrol dalam menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes dalam penelitian ini ada dua yaitu pratest dan posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat hipotesis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Selain uji prasyarat hipotesis terdapat uji hipotesis yang terdiri dari uji independent sample t-test dan uji n-gain score. Pada uji prasyarat hipotesis menghasilkan data berdistribusi normal dan data bersifat homogen. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mengetahui keefektifan media kotak misteri dilihat dari hasil uji n-gain score. Hasil uji n-gain score sebesar 56,71% dan kelas kontrol sebesar 28,33% menunjukkan kelas eksperimen lebih ungggul dari kelas kontrol. Penafsiran n-gain score sebesar 56,71% artinya cukup efektif dilihat dari presentase 56-75 artinya cukup efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202046 ANA ROHMATUL LUTFA
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:00
Last Modified: 07 Aug 2024 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50358

Actions (login required)

View Item View Item