PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PAHAM KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN PESANTREN (Studi Kasus Siswa SMAI Sunan Gunung Jati Tulungagung)

ZULFA ROFI’ATUNNISA, 126209203133 (2024) PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PAHAM KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN PESANTREN (Studi Kasus Siswa SMAI Sunan Gunung Jati Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi, “Peran Guru Sosiologi dalam Menanamkan Sikap Toleransi Paham Keagamaan Di Lingkungan Pesantren (Studi Kasus Siswa SMAI Sunan Gunung Jati Tulungagung” Ini ditulis oleh Zulfa Rofi’atunnisa, NIM. 126209203133, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru Sosiologi, Toleransi, Paham Keagamaan. Penelitian ini didasari atas kegelisahan peneliti bahwasanya alumnus pondok pesantren terutama yang bercorak salaf memiliki pola pikir eksklusif yang mana ketika telah kembali ke masyarakat mereka justru kurang bisa menerapkan misi sebagai agen keagamaan di lingkungan sosial akibat terkejut dengan keberagaman masyarakat atau aliran lain dalam Islam. Hal ini dikarenakan para alumnus tersebut menganggap bahwa apa yang tidak sama dengan yang mereka pahami sebagai sebuah kesalahan. oleh karenanya di era sekarang di mana pondok pesantren telah gencar membangun lembaga formal di lingkungan mereka maka guru sekolah formal memiliki peran dan tugas sebagai kacamata bagi para santri guna memberikan wawasan. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1.) Bagaimana peran guru Sosiologi dalam menanamkan sikap toleransi paham keagamaan di lingkungan Pondok Pesantren pada siswa kelas X di SMAI Sunan Gunung Jati Tulungagung? 2.) Bagaimana upaya guru Sosiologi dalam menanamkan sikap toleransi paham keagamaan pada siswa kelas X di SMAI Sunan Gunung Jati Tulungagung? 3.) Bagaimana Dampak dari adanya Peran guru sosiologi dalam menanamkan sikap Toleransi paham keagamaan dilingkungan Pesantren pada siswa kelas X di SMAI Sunan Gunung Jati Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi partisipan, Wawancara Mendalam, Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian Data, Penarikan kesimpulan. Di dalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui: 1.) Peran guru sosiologi dalam menanamkan sikap toleransi dalam keagamaan kepada siswa adalah dengan mengajar serta membimbing, melatih, menilai, mengevaluasi dan memberikan pengarahan kepada siswa seperti halnya guru juga memberi arahan kepada siswa dengan memberikan umpan balik agar saling bertukar ide atau pikiran serta wawasan didalam pembelajaran pada proses diskusi. 2.) Upaya yang sudah dilakukan oleh guru Sosiologi menjadikan tertanamnya sikap toleransi paham keagamaan yang dapat membekali siswa agar ketika terjun ke masyarakat 3.) Dampak adanya peran guru sosiologi di dalam penanaman sikap toleransi paham keagamaan pada siswa, siswa lebih memiliki pandangan mengenai pentingnya toleransi beragama dan dalam pelaksanaannya terdapat perubahan sikap pada siswa terhadap pengetahuan dan pemahaman sehingga karakter siswa akan terbentuk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Aliran Kepercayaan
Pendidikan > Guru
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209203133 ZULFA ROFI'ATUNISA
Date Deposited: 07 Aug 2024 08:21
Last Modified: 07 Aug 2024 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50386

Actions (login required)

View Item View Item