PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTsN 17 JOMBANG

MUHAMMAD IQBAL FAHMI, 126204201014 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTsN 17 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Problem Based Learning, Disposisi matematis, Kemampuan pemecahan masalah.. Penelitian dengan judul “ Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Disposisi Matematis Siswa Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII MTsN 17 Jombang” oleh Muhammad Iqbal Fahmi, NIM 126204201014, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Nur Cholis , S.Pd.I, M.Pd. Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari kemampuan akhir siswa di akhir pembelajaran. Hal ini bergantung pada kemampuan guru menyampaikan pembelajaran agar siswa memahami materi dengan baik. Salah satu hal yang dapat membantu hal ini adalah dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Dimana model ini menyajikan materi dalam berbagai macam bentuk lain sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa sehingga kemampuan representasi siswa dan hasil belajar akan meningkat Penelitian ini bertujuan untuk 1. untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap Disposisi Matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII MTsN 17 Jombang 2.untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi SPLDV kelas VIII MTsN 17 Jombang 3.untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap Disposisi Matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada materi SPLDV kelas VIII MTsN 17 Jombang.. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu MTsN di Kota Jombang yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket disposisi matematis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji t untuk menguji perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara disposisi matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Siswa yang belajar dengan model PBL memiliki disposisi matematis dan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan disposisi matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel. Implikasi penelitian ini adalah bahwa guru matematika disarankan untuk mengimplementasikan model Problem Based Learning (PBL) sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. xvii Lebih lanjut, penelitian ini juga menemukan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis masalah menunjukkan peningkatan dalam kepercayaan diri dan sikap positif terhadap matematika. Hal ini diindikasikan oleh skor disposisi matematis yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah yang dikembangkan melalui Problem Based Learning (PBL) tidak hanya terbatas pada materi yang dipelajari, tetapi juga mempengaruhi kemampuan siswa dalam menghadapi situasi problematis yang lebih luas dan kompleks.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201014 MUHAMMAD IQBAL FAHMI
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:50
Last Modified: 08 Aug 2024 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50412

Actions (login required)

View Item View Item