HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA/MA MATERI KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

MOCHAMAD ABDI ROHMAN FIRDAUS, 126212202065 (2024) HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA/MA MATERI KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Kemampuan Literasi Digital Dan Literasi Sains Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA/MA Materi Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari ” yang ditulis oleh Mochamad Abdi Rohman Firdaus, NIM. 126212202065 Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Tutik Sriwahyuni, M.Pd. Kata Kunci: Literasi digital, literasi sains, hasil belajar Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-21 menuntut pembangunan budaya literasi sebagai kecakapan hidup yang esensial. Salah satu literasi yang penting di abad 21 adalah literasi digital dan literasi sains. Literasi digital menekankan kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi digital secara kritis, sementara literasi sains mencakup pemahaman mendalam tentang ilmu pengetahuan dan kemampuan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya literasi digital dan sains terbukti dalam peningkatan hasil belajar siswa dan kesiapan mereka menghadapi tuntutan abad ke-21. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi digital siswa; (2) untuk mengetahui literasi sains siswa pada materi kimia dalam kehidupan sehari-hari; (3) untuk mengetahui kriteria hasil belajar peserta didik pada materi kimia dalam kehidupan sehari-hari; (4) untuk mengetahui hubungan literasi digital dengan hasil belajar kimia siswa pada materi kimia dalam kehidupan sehari-hari; Dan (5) untuk mengetahui hubungan literasi sains dengan hasil belajar kimia siswa pada materi kimia dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket kemampuan literasi digital, tes essai kemampuan litersi sains aspek PISA 2015, dan tes pilihan ganda untuk hasil belajar materi kimia dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen tes berupa soal berjumlah 20 item soal esai kemampuan literasi sains, 20 soal pilihan ganda dan 20 item pernyataan untuk angket kemampuan literasi digital. Teknik analisis data yaitu dengan menjumlahkan setiap butir jawaban siswa kemudian dicari persentasenya lalu dikategorisasikan sesuai kategorinya. Hasil penelitian menunjukan (1) tingkat kemampuan literasi digital siswa berada rata-rata berada pada kategori “baik” dengan nilai sebesar 76,87. (2) rata-rata kemampuan literasi sains kelas X materi kimia dalam kehidupan sehari-hari berada pada kategori “baik” dengan nilai rata-rata sebesar 68,09. (3) rata-rata nilai hasil belajar secara keseluruhan adalah 85,27, masuk dalam kategori “sangat baik”. (4) terdapat hubungan yang signifikan antara literasi digital dan hasil belajar. Tingkat hubungan kemapuan literasi digital dengan hasil belajar sebesar 0,464, menunjukkan hubungan sedang. (5) hubungan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa memiliki tingkat hubungan yang kuat, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,611.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202065 MOCHAMAD ABDI ROHMAN FIRDAUS
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:15
Last Modified: 13 Aug 2024 08:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50512

Actions (login required)

View Item View Item