EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS MEMBATIK DI NUMANSA BATIK KOTA KEDIRI

NUR ADISTI TIYA PUTRI, 126204202114 (2024) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS MEMBATIK DI NUMANSA BATIK KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika sampai saat ini masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa di sekolah Hal ini disebabkan oleh pembelajaran matematika yang masih terlalu teoritis, ditambah lagi dengan pandangan siswa tentang konsep matematika yang abstrak dan rumit sehingga membuat mereka semakin sulit untuk menguasai konsep matematika sejak awal. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan mengaitkan pembelajaran matematika pada keberagaman budaya setempat. Dengan melakukan pembelajaran berbasis etnomatematika, siswa akan lebih termotivasi dan mengeksplorasi pengetahuan mereka untuk menemukan pemahaman mereka sendiri pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan aktivitas matematika pada kegiatan membatik di Numansa Batik Kota Kediri (2) untuk mendeskripsikan konsep-konsep matematika pada motif batik di Numansa Batik Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam aktivitas membatik di Numansa Batik Kota Kediri terdapat aktivitas matematika berupa (a) aktivitas membilang/menghitung ketika menentukan jumlah keseluruhan alat dan bahan yang digunakan, membilang lama waktu yang dibutuhkan pada setiap tahapan proses pengerjaan batik, dan menentukan perbandingan bahan dengan selembar kain batik (b) aktivitas mengukur ketika pembatik menentukan ukuran kain yang akan digunakan, menentukan ukuran garis tepi pada kain, menentukan jarak antar motif pada batik dan memperkirakan ukuran motif batik sesuai besarnya kain (c) aktivitas menentukan lokasi ketika menentukan tata letak motif pada kain seperti meletakkan motif yang besar di tengah kain, dan meletakkan motif-motif baru pada bagian kain yang kosong, memperbanyak motif dengan cara mengeblat motif yang telah dibuat atau dengan menerapkan konsep geometri transformasi yaitu refleksi, translasi, dan rotasi (d) aktivitas membuat rancang bangun yang diaplikasikan ketika penggambaran motif batik pada kertas, penggambaran motif batik pada kain, kegiatan mewarnai batik dan mengombinasikan warna antar motif (e) Aktivitas bermain ketika menentukan ide/konsep desain motif batik, mencari kombinasi motif yang berkaitan dengan motif utama, mengatur penentuan warna pada motif batik agar sesuai dengan target pasar (dengan mempertimbangkan tren warna saat itu), dan ketika meracik warna untuk menemukan warna yang diinginkan (f) aktivitas menjelaskan ketika narasumber menjelaskan tahapan per tahapan pada proses kegiatan membatik, dan penjelasan makna filosofi pada motif batik yang dilukiskan (2) Terdapat penerapan konsep matematika aljabar berupa pecahan, dan konsep aritmatika berupa perbandingan senilai ketika menentukan perbandingan variabel selembar bahan kain dengan bahan-bahan lain yang dibutuhkan pada kegiatan membatik (3) Terdapat konsep geometri pada motif batik di Numansa Batik berupa titik, ruas garis, garis lengkung, elips, lingkaran, oval, segitiga, belah ketupat, persegi panjang, prisma segitiga, dan kubus (4) Terdapat konsep geometri transformasi pada motif batik di Numansa Batik berupa translasi, dilatasi, refleksi dan rotasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Etnomatematika
Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202114 NUR ADISTI TIYA PUTRI
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:56
Last Modified: 09 Aug 2024 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50541

Actions (login required)

View Item View Item