STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

LAILI MANZILATUR ROHMAH, 126205202108 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL JADID KOLOMAYAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (517kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Laili Manzilatur Rohmah, 126205202108, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Drs. H.Timbul, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru,Sikap,Disiplin Konteks Penelitian ini Pendidikan merupakan usaha atau proses yang ditujukan untuk membina kualitas sumber daya manusia seutuhnya agar ia dapat melakukan perannya dalam kehidupan secara fungsional dan optimal. Pendidikan terus menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan kepribadian peserta didik dan meningkatkan kecerdasan mereka. Pendidikan sangat dibutuhkan untuk melakukan kehidupan baik di masa sekarang maupun dimasa depan. Pendidikan tidak hanya menstransfer atau mengajarkan anak tentang ilmu pengetahuan dalam undang-undang yang tertera di atas banyak tujuan mulia yang ingin dicapai melalui pendidikan. Fokus dalam Penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Strategi guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Faktor apa saja yang menghambat guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (3)Faktor apa saja yang mendukung guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah : (1.)Untuk mendeskripsikan Strategi guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar ? (2)Untuk mendeskripsikan Faktor apa saja yang menghambat guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar? (3)Untuk mendeskripsikan Faktor apa saja yang mendukung guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara,observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Strategi guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Strategi yang pertama sebagai guru membuat stategi terlebih dahulu di dalam kelas, seperti membuat peraturan kelas yang di setujui wali kelas,ketua kelas,semua anggota kelas dan selalu mengingatkan siswa untuk disiplin menaati peraturan yang ada dan jika ada yang melanggar peraturan tersebut akan di berikan hukuman,menyiapkan media pembelajaran,rancangan pelaksanaan pembelajaran,dan buku panduan atau biasa di sebut buku LKS. (2)Faktor apa saja yang menghambat guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Wonodadi Blitar. Strategi yang dilakukan oleh guru kelas tinggi dalam meningkatkan sikap disiplin yaitu sebagai berikut bisa jadi guru di sekolah sudah berusaha keras meningkatkan sikap disiplin pada anak dengan berbagai upaya namun ketika di rumah anak di biarkan bebas oleh orang tua nya maupun faktor lainnya.Guru kelas tinggi memberikan sanksi atau hukuman bagi siswa yang melanggar tata tertib di kelas maupun di lingkungan sekolah seperti datang terlambat,tidak mengerjakan PR dan lain sebagainya. (3) Faktor apa saja yang mendukung guru dalam meningkatkan sikap disiplin di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar. Faktor yang mendukung dari guru kelas tinggi seperti jangan diulangi lagi ya terlambatnya di tegur dengan baik-baik, dukungan dari orang tua juga sangat berpengaruh pada siswa, seluruh dewan guru juga ikut adil memberikan peringatan kepada siswa yang kurang disiplin dengan berbicara dengan siswa atau dengan wali muridnya.Faktor pendukung meningkatkan sikap disiplin bagi kelas tinggi sangat penting karena sudah mulai dewasa kita sebagai guru harus pintar-pintar mengolah kata jangan sampai kita salah kata ketika mengingatkan atau memberitahu kepada siswa yang kurang disiplin bisa jadi nanti siswa itu membantah kepada semua dewan guru yang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202108 LAILI MANZILATUR ROHMAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:30
Last Modified: 09 Aug 2024 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50556

Actions (login required)

View Item View Item