PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN (Studi Multikasus di SMK Islam Sunan Kalijaga Ngunut dan MA Darussholihiin Campurdarat Kabupaten Tulungagung)

AHMAD SYAMSU LUTFI, 1880501220025 (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN (Studi Multikasus di SMK Islam Sunan Kalijaga Ngunut dan MA Darussholihiin Campurdarat Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren (Studi Multikasus di SMK Islam Sunan Kalijaga Ngunut dan MA Darussholihiin Campurdarat Kabupaten Tulungagung)” ditulis oleh Ahmad Syamsu Lutfi, NIM 1880501220025, dosen pembimbing: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata kunci: peran, kepala sekolah, daya saing, lembaga pesantren Daya saing dapat bermakna kekuatan untuk berusaha menjadi unggul dalam hal tertentu yang dilakukan seseorang, kelompok atau institusi. Dalam konteks pendidikan daya saing adalah hal yang mutlak perlu dilakukan mengingat dunia pendidikan saat ini sangat begitu atraktif dan dinamis. Dalam era persaingan yang berkembang sangat ketat, setiap lembaga dipaksa berhadapan dengan lembaga lainnya dalam arena persaingan. Semua lembaga umumnya berkeinginan untuk dapat tampil yang terbaik guna menarik perhatian pasar. Kepala sekolah/madarasah sebagai pemimpin pada sebuah lembaga pendidikan harus berperan untuk mengembangkan daya kompetisi lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader, manajer, dan inovator dalam pengembangan daya saing lembaga pendidikan di SMK Islam Sunan Kalijaga Ngunut dan MA Darussholihiin Campurdarat. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan daya saing di SMK Sunan Kalijaga dan MA Darussholihiin? (2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan daya saing di SMK Sunan Kalijaga dan MA Darussholihiin? (3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai inovator dalam meningkatkan daya saing di SMK Sunan Kalijaga dan MA Darussholihiin? Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis studi lapangan. Teknik yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data adalah dan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, serta verifikasi data untuk analisis situs tunggal, serta analisis lintas kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan daya saing di SMK Sunan Kalijaga dan MA Darussholihiin adalah dengan menentukan visi, misi, tujuan intitusional yang jelas, memberi dukungan kepada warga sekolah, dan melakukan supervisi dengan terjun langsung melihat kondisi lembaga. (2) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan daya saing di SMK Sunan Kalijaga dan MA Darussholihiin adalah sebagai agen yang menjalankan tugas-tugas manajerial yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mencapai tujuan. (3) Peran kepala sekolah sebagai inovator dalam meningkatkan daya saing di SMK Sunan Kalijaga dan MA Darussholihiin adalah dengan melakukan inovasi-inovasi perubahan sesuai dengan perkembangan zaman dan menjaga keberlangsungan mutu lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220025 AHMAD SYAMSU LUTFI
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:31
Last Modified: 12 Aug 2024 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50598

Actions (login required)

View Item View Item