RESILIENSI PADA GURU SLB DENGAN LATARBELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB:STUDY FENOMENOLOGI

NURUN NISA'UL MAHMUDHA, 126308202082 (2024) RESILIENSI PADA GURU SLB DENGAN LATARBELAKANG PENDIDIKAN NON-PLB:STUDY FENOMENOLOGI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (875kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fenomena guru non Pendidikan Luar Biasa (PLB) masih terjadi hingga saat ini tentunya bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk dapat menangani anak berkebutuhan khusus dengan beragam karakter serta perilaku yang berbeda. Sulitnya tantangan yang dihadapi menimbulkan kondisi stres tersendiri bagi mereka, kondisi stres yang dirasakan juga berdampak pada adaptasi guru non PLB. Adaptasi yang sehat menandakan kesehatan mental yang baik dan resiliensi yang tinggi. ketahanan merupakan kemampuan untuk menghadapi situasi yang dianggap dapat menyebabkan trauma atau situasi yang menantang dalam kehidupan sehari-hari secara positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran pengalaman guru Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan latar belakang pendidikan non-PLB ketika menghadapi permasalahan dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan analisis data PFD. Pemilihan partisipan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur disusun berdasarkan keperluan peneliti. Hasil dari penelitian ini didapati guru non PLB di SLB Among Putra Ngunut memiliki resiliensi yang digambarkan dari pengalaman pertama yang menyatakan mengalami keterkejutan serta kebingungan saat pertama kali mengajar. Selain itu guru non PLB turut mengalami berbagai kendala pada saat melakukan pembelajaran dalam kelas dan adaptasi terhadap siswa seperti komunikasi, menyampaikan pembelajaran, kondisi siswa yang sulit diatur. Berdasarkan permasalahan yang ada ketiga partisipan mampu menghadapi tantangan dan mempunyai ketahanan didalam mengajar yang mana berkaitan dengan resiliensi dan cara mereka di dalam melakukan tindakan berkaitan dukungan sosial, membangun hubungan interpersonal dan melakukan coping stres ketika mengajar yang lebih banyak mengarah pada emotional focused coping. Kata kunci : Resiliensi, Guru non PLB, Pengalaman resiliensi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi klinis
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308202082 NURUN NISA'UL MAHMUDHA
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:12
Last Modified: 21 Aug 2024 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50631

Actions (login required)

View Item View Item