IMPLEMENTASI NILAI AT-TAWASUTH (MODERAT) AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MA ASWAJA NGUNUT TULUNGAGUNG

NOFITA ANDRIA SAFITRI, 2811133199 (2017) IMPLEMENTASI NILAI AT-TAWASUTH (MODERAT) AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI MA ASWAJA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Implementasi Nilai At-Tawasuth Ahlussunnah Wal Jama’ah (Moderat) dalam Pendidikan Karakter di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Nofita Andria Safitri, NIM. 2811133199, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Fatkhul Mujib.M.Ag Kata kunci : Implementasi, At-Tawasuth, Pendidikan Karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di masyarakat yaitu banyaknya aliran-aliran yang muncul di dalam agama Islam. Kemunculan ini mengakibatkan adanya pertentangan paham secara tajam yang sulit untuk di damaikan. Dampak dari kemunculan berbagai firqoh-firqoh (golongan) ini, masyarakat mengalami kebingungan dan kebimbangan. Sering di antara kelompok aliran Islam terjadi pemberontakan dan kekrasan. Dengan dalih ajaran merekalah yang paling benar. Padahal, secara substansi, ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah mengajarkan tentang prinsip-prinsip: Tawasuth, Tasamuh, Tawazun, dan Amr Ma’ruf Nahi Munkar. Pemahaman mengenai masalah tersebut sangat penting dalam ranah pendidikan karakter. Sebab pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik di peruntukkan bagi generasi selanjutnya. Dengan begitu, generasi anak bangsa akan lebih bijaksana dalam menghadapi problematika di masyarakat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi nilai At-Tawasuth Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam pendidikan karakter di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi nilai At-Tawasuth Ibadah Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam pendidikan karakter di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi nilai At-Tawasuth Akhlak Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam pendidikan karakter di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi nilai At-Tawasuth aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam pendidikan karakter di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui implementasi nilai At-Tawasuth ibadah Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam pendidikan karakter di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui implementasi nilai At-Tawasuth akhlak Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam pendidikan karakter di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan cara melihat dan mengamati fenomena di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung yang dianggap penting. Kemudian kejadian itu di catat sebagaimana terjadi pada keadaan sebenarnya. Kemudian wawancara mendalam ini dilakukan kepada para siswa dan guru. Sementara itu, dokumen dan penelitian ini berupa informasi tertulis dan bergambar yang berkenaan dengan pelaksanaan Implementasi Nilai At Tawasuth Ahlussunnah Wal Jama’ah di MA ASWAJA Ngunut Tulungagung Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya penerapan nilai At-tawasuth Ahlussunnah Wal Jama’ah di MA ASWAJA Ngunut Tulungagug dilakukan dalam bentuk kegiatan formal dan informal di bidang aqidah. Di bidang ibadah di terapkan dalam kegiatan pembiasaan amaliyah kepada peserta didik. Di bidang akhlak dikelompokkan ke dalam aspek keteladanan. Hasil dari implementasi tawasuth aqidah, ibadah dan akhlak adalah peserta didik di ajarkan agar tidak mudah mengkafirkan sesama muslim. Memposisikan diri dalam kehidupan bermasyarakat dengan senantiasa berpanduan hukum. Menghargai perbedaan pendapat selama tidak bertentangan dengan prinsip ajaran agama Islam. Menerima dan mengembangkan segala bentuk kebudayaan yang baik untuk agama Islam. Bergaul baik antar sesama muslim maupun non muslim. Membangun pergaulan antar sesama manusia dengan dasar saling mengerti dan saling menghormati.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133199 NOFITA ANDRIA SAFITRI
Date Deposited: 22 May 2017 03:22
Last Modified: 22 May 2017 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item