KORELASI ANTARA KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA THAILAND DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

ADISTIA MERISKA OKTARIYAN, 126210203129 (2024) KORELASI ANTARA KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA THAILAND DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (528kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Korelasi antara Keterampilan Berbicara dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Thailand di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini ditulis oleh Adistia Meriska Oktariyan, NIM 126210203129. Skripsi ini disusun sebagai tugas akhir menempuh pendidikan di Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci : Keterampilan berbicara, Prestasi Belajar, Mahasiswa Thailand Keterampilan berbicara erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Di kampus, mahasiswa diajarkan untuk berbicara dengan jelas, mempresentasikan gagasan, dan berpartisipasi dalam diskusi kelas. Seorang mahasiswa yang berasal dari Indonesia maupun mahasiswa yang berasal dari luar negeri, harus menguasai keterampilan berbicara dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Kemampuan berbicara yang baik memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara efektif, sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang baik pula. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kemampuan berkomunikasi lisan memiliki hubungan timbal balik atau sebab akibat dengan kinerja akademik mahasiswa asing dari Thailand. Hasilnya dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya keterampilan berbicara dalam konteks pendidikan dan perkembangan strategi untuk meningkatkannya. Penelitian ini berfokus pada korelasi keterampilan berbicara dengan prestasi belajar mahasiswa Thailand di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya korelasi positif antara keterampilan berbicara mahasiswa Thailand terhadap prestasi belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif jenis analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Thailand di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan jumlah sampel sebanyak sepuluh mahasiswa Thailand pemakai bahasa Thai. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probably sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu koefisien korelasi berdasarkan uji-r. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang positif antara keterampilan berbicara dengan prestasi belajar mahasiswa Thailand yang dibuktikan dengan uji persamaan regresi berdasarkan uji-r, dari hasil perhitungan uji r diketahui bahwa nilai korelasi sebesar satu,maka jika dirumuskan 0≤ 1 maka berarti terdapat hubungan yang positif. Selain nilai korelasi, berdasarkan derajat tingkat hubungan ditemukan nilai sebesar 0.596 yang menunjukkan hubungan antara variable 1 dan variable 2 berada dalam kategori cukup. Dengan kata lain, semakin bertambah keterampilan berbicara mahasiswa Thailand, maka semakin bertambah pula prestasi belajar mahasiswa Thailand di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Berdasarkan hal itu, maka telah didapatkan pembuktian teori dari Echevarria dan Goldenberg yang meyatakan bahwa teori bahasa lisan menunjukkan korelasi positif dengan kefasihan berbicara dan berkorelasi positif dengan prestasi akademik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210203129 ADISTIA MERISKA OKTARIYAN
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:36
Last Modified: 12 Aug 2024 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50712

Actions (login required)

View Item View Item