STRATEGI PENGUATAN ( REINFORCEMENT ) GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI SDIT AL ASROR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

DELLA DITA APRILIA, 126205201046 (2024) STRATEGI PENGUATAN ( REINFORCEMENT ) GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI SDIT AL ASROR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Penguatan (Reinforcement) Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III SDIT Al Asror Tulungagung Tahun Pelajaran 2023/2024” ini ditulis oleh Della Dita Aprilia, NIM. 126205201046, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh bapak Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Penguatan ( Reinforcement ), Motivasi Belajar Dalam meningkatkan motivasi belajar ada strategi yang dapat diterapkan oleh guru yaitu dengan memberikan penguatan (Reinforcement) yang tepat kepada peserta didik. Dengan memberikan penguatan, peserta didik merasa dihargai segala usaha dan juga prestasinya. Salah satu tujuan dari diberikannya reinforcement adalah untuk membangkitkan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, karena peserta didik akan belajar dengan sungguh-sungguh apabila memiliki motivasi yang tinggi, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan optimal salah satunya dengan cara memberikan penguatan (reinforcement) kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapun fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana bentuk strategi penguatan (Reinforcement) guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas III di SDIT Al Asror Tulungagung? 2) Bagaimana pemberian penguatan (Reinforcement) guru di kelas III SDIT Al Asror Tulungagung? 3) Bagaimana respon peserta didik terhadap penguatan (Reinforcement) yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas III di SDIT Al Asror Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III di SDIT Al Asror ini sudah membiasakan mengajar dengan memberi penguatan dalam pembelajaran dalam bentuk kalimat pujian, pendekatan, maupun pemberian sebuah reward. Respon peserta didik terhadap penguatan juga dapat dilihat dari sikap belajar peserta didik dan minat belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201046 DELLA DITA APRILIA
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:53
Last Modified: 13 Aug 2024 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50729

Actions (login required)

View Item View Item