STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL HUDA BANDUNG

ISROUL KHOIRUN NI'MAH, 126201202156 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Huda Bandung” ini ditulis oleh Isroul Khoirun Ni’mah, NIM. 126201202156, pembimbing Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini didasarkan pada konteks penelitian tentang adanya sebuah fenomena dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, banyak ditemui siswa-siswi pada sekolah tersebut yang mengalami kesulitan belajar, terutama pada mata pelajaran sejarah kebudayan Islam. Masalah kesulitan belajar tersebut terkait memahami serta menghafal materi sejarah kebudayaan Islam. Masalah tersebut menuntut guru untuk membantu dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Adanya fenomena tersebut, membuat peneliti tertarik mengetahui lebih dalam mengenai strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Al Huda Bandung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Huda Bandung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Huda Bandung? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Huda Bandung? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di MTs Al Huda Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yakni dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Huda Bandung adalah guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru memilih strategi pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, guru mempersiapkan materi pembelajaran dan memilih media serta metode pembelajaran yang tepat, dan guru juga merencanakan penilaian dalam bentuk tes tulis. 2) Pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Huda Bandung adalah a) Kegiatan pendahuluan guru membuka kegiatan belajar dengan mengucapkan salam, mengabsen peserta didik, melakukan apersepsi, memberikan motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran. b) Kegiatan inti adalah proses penyampaian materi dengan memperhatikan urutan materi pembelajaran. c) Kegiatan penutup guru mengakhiri kegiatan inti pembelajaran dengan melakukan refleksi dan evaluasi.3) Evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Huda Bandung adalah guru melaksanakan tes awal (pre-test) dan posttest, evaluasi formatif, evaluasi suamatif, dan evaluasi diagnostik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202156 ISROUL KHOIRUN NI'MAH
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:11
Last Modified: 13 Aug 2024 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50754

Actions (login required)

View Item View Item