PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NI'IMA AULIA MUMTAZA, 126205203237 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (903kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fikih Peserta Didik MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung" ditulis oleh Ni’ima Aulia Mumtaza dengan NIM 126205203237, Pembimbing Rohmah Ivantri, M. Pd.I. Kata Kunci : Teams Games Tournament(TGT), Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar fikih peserta didik. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih yang dipengaruhi oleh rendahnya motivasi belajar siswa karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat menyebabkan siswa merasa bosan dan menjadi tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dalam hal ini peneliti beranggapan bahwa menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) dalam proses pembelajaran, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar fikih peserta didik MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar fikih peserta didik MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar fikih peserta didik MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah kelas V-A yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B yang berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat, dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test, dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) terhadap motivasi belajar fikih peserta didik MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Dengan diperoleh nilai thitung (2.838) > ttabel (2.120) dan dengan nilai Sig. sebesar 0,008 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) terhadap hasil belajar fikih peserta didik MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Dengan diperoleh nilai thitung (3.296) > ttabel (2.120) dan nilai Sig. sebesar 0,002 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar fikih peserta didik MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Hal ini berdasarkan penghitungan uji MANOVA diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203237 NI'IMA AULIA MUMTAZA
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:09
Last Modified: 16 Aug 2024 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50770

Actions (login required)

View Item View Item