PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH ALMA’ARIF TULUNGAGUNG

NONNY NURHAZLINA, 126201201021 (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH ALMA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Al Ma’arif Tulungagung ini ditulis oleh Nonny Nurhazlina, NIM. 126201201021, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Agus Purwowidodo,M.Pd. Kata kunci: Mind Mapping, Motivasi belajar, Hasil belajar Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran. Namun kenyataanya, saat ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran fiqih. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran. Sehingga mempengaruhi hasil belajar yang kurang maksimal. Dengan variasi metode pembelajaran yang berkembang dapat digunakan untuk meninggkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah metode mind mapping. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: (1)Apakah ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik MTs Al Ma’arif Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar fiqih peserta didik MTs Al Ma’arif Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MTs Al Ma’arif Tulungagung secara bersama-sama? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data adalah yang digunakan peneliti ini adalah: (1)Angket, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah uji T dan MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis, pada pengujian hipotesis menggunakan uji T (Independent), data pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar diperoleh thitung 2,744 < ttabel 2,003 data pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar fiqih diperoleh thitung 2,785 < ttabel 2,003 data pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih diperoleh fhitung 4,762 < ftabel 4,129 yang hasil semuanya menunjukkan ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar fiqih peserta didik kelas VII Mts Al Ma’arif Tulungagung. Dengan meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas diharapkan guru menerapkan inovasi metode pembelajaran mind mapping untuk memaksimalkan kerja otak peserta didik dengan menggunakan gambar, simbol, dan warna-warna sehingga dapat membantu peserta didik mengingat dan memahami serta tidak mudah cepat bosan ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung khususnya mata pelajaran fiqih. Sehingga dapat tercapainya hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201021 NONNY NURHAZLINA
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:06
Last Modified: 14 Aug 2024 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50980

Actions (login required)

View Item View Item