PENGUATAN KELEMBAGAAN PUSAT LAYANAN HALAL UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG DALAM MENCAPAI TARGET SERTIFIKASI HALAL NASIONAL DI TINJAU DARI UU NO. 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Kasus Di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

LUQMAN NURFAUZI, 126101202124 (2024) PENGUATAN KELEMBAGAAN PUSAT LAYANAN HALAL UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG DALAM MENCAPAI TARGET SERTIFIKASI HALAL NASIONAL DI TINJAU DARI UU NO. 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Kasus Di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Penguatan Kelembagaan, Sertifikasi Halal, UU No. 33 Tahun 2014 Pusat Layanan Halal merupakan lembaga yang mendampingi proses sertifikasi halal makanan dan minuman. Dalam penguatan kelembagaan Pusat Layanan Halal UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam mencapai target sertifikasi halal nasional tentunya banyak sekali strategi maupun program dari lembaga dalam mencapai target tersebut. Hal ini agar Pusat Layanan Halal dapat membantu mensukseskan program pemerintah dalam kewajiban sertifikasi halal produk yang beredar di Indonesia. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penguatan kelembagaan Pusat Layanan Halal UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam mencapai target sertifikasi halal nasional? 2). Bagaimana penguatan kelembagaan Pusat Layanan Halal UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam mencapai target sertifiksi halal nasional di tinjau dari undang-undang nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal? 3) Bagaimana analisis hukum islam terhadap sertifikasi halal pada produk makanan dan minuman di Pusat Layanan Halal UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan studi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Penguatan kelembagaan pusat layanan halal UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung berfokus pada pengembangan internal kepengurusan pusat layanan halal yaitu mengenai auditor halal, laboratorium halal, pendamping Proses Produk Halal dan SDM Syariah yang dimiliki, Sedangkan faktor eksternal Pusat Layanan Halal berfokus pada rekrutment dan pengembangan pelatihan pendamping halal, sosialisasi sertifikasi halal ke masyarakat dan pelaku usaha serta kerja sama dengan lembaga pemerintah/dinas dalam mensukseskan tujuan program sertifikasi halal. 2) Di tinjau dari undang-undang nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal penguatan kelembagaan Pusat Layanan Halal sudah sesuai dengan peraturan persyaratan lembaga pendamping halal. Selain itu program yang dilaksanakan sudah sesuai dengan undang-undang dan aturan yangxviii berlaku. 3)Dalam analisis hukum islam produk makanan dan minuman yang didaftarkan di Pusat Layanan Halal sudah sesuai dengan syariat islam. Yaitu dalam proses perlabelan halal Pusat Layanan Halal memperhatikan komposisi dari bahan yang akan disertifikasi halal dengan menguji bahan yang terkandung didalamnya sesuai hukum islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202124 LUQMAN NURFAUZI
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:05
Last Modified: 15 Aug 2024 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51016

Actions (login required)

View Item View Item