PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN LITERSI KIMIA PADA MATERI KOLOID SISWA XI MA ROUDLOTUN NASYIIN

SITI KHUMAIROH, 126212201010 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN LITERSI KIMIA PADA MATERI KOLOID SISWA XI MA ROUDLOTUN NASYIIN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Modul Terhadap Kemampuan Literasi Kimia pada Materi Koloid Siswa XI MA Roudlotun Nasyiin” ini ditulis oleh Siti Khumairoh, NIM. 126212201010, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, E-Modul, Literasi Kimia, Koloid Pembelajaran pada abad 21 menekankan literasi kimia siswa sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi fenomena secara sains. Literasi kimia penting diketahui untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Literasi kimia mengacu pada kemampuan menggunakan kimia untuk menjelaskan fenomena dan menerapkan pemahaman kimia dalam pemecahan suatu masalah. Permasalahan literasi kimia pada materi koloid disebabkan pemahaman konsep yang kompleks, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan membedakan konsep seperti jenis dan definisi koloid, tetapi masih kurang memahami sifat khususnya dan aplikasi koloid pada kehidupan sehari-hari. Pada era saat ini, keberhasilan proses pembelajaran perlu dipadukan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing agar proses pembelajaran berpusat pada siswa. Oleh karena itu, diberikannya e�modul yang diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar dan meningkatkan literasi kimianya. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul terhadap kemampuan literasi kimia pada materi koloid. (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kimia model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan metode quasi eksperiment dengan desain posttest only-nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian melibatkan seluruh siswa XI MIA MA Roudlotun Nasyiin sejumlah 55 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol xvi yang berjumlah 30. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian angket untuk mengukur respon siswa terhadap pembelajaran kimia dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjumlah 22 butir pernyataan dan soal tes untuk mengukur hasil literasi kimia siswa berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul pada materi koloid terhadap literasi kimia siswa kelas XI MA Roudlotun Nasyiin. Berdasarkan perhitungan uji t literasi kimia diperoleh thitung ≥ ttabel = 26,670 > 2,006 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan e-modul sebesar 71% dalam kategori tertarik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201010 SITI KHUMAIROH
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:08
Last Modified: 16 Aug 2024 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51093

Actions (login required)

View Item View Item