PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VI MI AL- HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

AIMMATUL ARDLIYAH, 126205203270 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VI MI AL- HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Pop Up Book untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VI MI Al- Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Aimmatul Ardliyah, Nim 126205203270, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbimbing: Uswatun Hasanah S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontesktual, Media Pop Up Book, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya iklim pembelajaran fikih yang masih cenderung menggunakan metode ceramah dan diskusi saja sehingga masih ada beberapa siswa yang kurang aktif mengikuti pembelajaran karena kurang nya motivasi belajar dan suasana kelas yang membosankan. Maka dari itu peneliti memilih model pembelajaran kontekstual karena model tersebut mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, dan berbantuan media pop up book dimana perangkat media ini memiliki unsur tiga dimensi yang menarik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media pop up book untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VI MI Al- Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung. (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media pop up book untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VI MI Al- Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung. (3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran kontekstual berbantuan media pop up book untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VI MI Al- Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Al- Hidayah 01 Betak Klidawir. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media pop up book untuk menumbuhkan motivasi siswa yaitu menentukan materi apa yang cocok pada penerapan model dan media ini, dari analisis materi yang ada ditemukan materi sholat idain, kemudian guru menyiapkan RPP yang sistematis, menyiapkan media pop up book, dan guru memahami materi secara mendalam. (2) Pelaksanaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media pop up book untuk mrnumbuhkan motivasi siswa yaitu meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup, yang menjadi pembeda pada pembelajaran ini adalah pada kegiatan inti yaitu diterapkannya komponen- komponen model CTL, diantaranya seperti contruktivisme, inquiry, questioning, modeling, masyarakat belajar, dan refleksi. (3) Evaluasi model pembelajaran kontekstual berbantuan media pop up book untuk menumbuhkan motivasi siswa yaitu dengan penilaian autentik (nyata) yang bersifat komprehensif dan holistik yang tampak pada kegiatan assesmen, yakni dengan melibatkan berbagai ranah kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203270 AIMMATUL ARDLIYAH
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:33
Last Modified: 16 Aug 2024 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51120

Actions (login required)

View Item View Item