PENGARUH REMIDIAL PROGRAM DAN PENGAYAAN MATEMATIKA TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA MA AL HIDAYAH NGANJUK

ZANUBA QOTRUNADA KUSUMA, 126204202138 (2024) PENGARUH REMIDIAL PROGRAM DAN PENGAYAAN MATEMATIKA TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA MA AL HIDAYAH NGANJUK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER_d.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Remedial Program dan Pengayaan Matematika terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa MA Al Hidayah Nganjuk” yang ditulis oleh Zanuba Qotrunada Kusuma Bangsa, NIM 126204202138, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh capaian tujuan pembelajaran peserta didik dalam proses pembelajaran dan evaluasi di MA Al Hidayah belum berjalan secara efektif sebagaimana ditargetkan, dampaknya masih terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan belajar atau ketertinggalan dalam menguasai pembelajaran tetapi sudah melanjutkan tujuan pembelajaran selanjutnya. Oleh karena itu, perlu pembelajaran alternatif dalam bentuk pembelajaran remedial (remedial teaching) dan pengayaan yang diharapkan mampu lebih mengefiensikan ketuntasan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Al Hidayah Nganjuk. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi remedial program dan pengayaan matematika terhadap ketuntasan hasil belajar, 2) Bagaimana pengaruh remedial program matematika terhadap ketuntasan hasil belajar siswa MA Al Hidayah Nganjuk?, 3) pengaruh remedial program dan pengayaan matematika terhadap ketuntasan hasil belajar MA Al Hidayah Nganjuk?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh remidial dang pengayaan terhadap ketuntasan hasil belajar siswa di MA Al Hidayah Nganjuk. Dalam penelitian ini digunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik tes digunkan untuk memperoleh data hasil belajar untuk mengetahui ketuntasan peserta didik MA Al Hidayah yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidiikan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Uji T dan Uji F. Dengan melalui tahapan uji normalitas, uji homogenitas, uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara remedial program dan pengayaan matematika terhadap ketuntasan hasil beljara di MA Al Hidayah Nganjuk. Hasil hitung, baik taraf signifikansi 1% maupun 5% ternyata nilai lebih besar dari . Dengan demikian diterima, dengan begitu remidial melalui re-teaching dan pengayaan mandiri memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Sehingga remedial dan pengayaan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202138 ZANUBA QOTRUNADA KUSUMA BANGSA
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:30
Last Modified: 21 Aug 2024 06:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51130

Available Versions of this Item

  • PENGARUH REMIDIAL PROGRAM DAN PENGAYAAN MATEMATIKA TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA MA AL HIDAYAH NGANJUK. (deposited 21 Aug 2024 06:30) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item