PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ENDANG FITRIANI, 126201203345 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII di Mts Sunan Kalijogo Kalidawir” ini ditulis oleh Endang Fitriani, NIM 126201203345, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Karakter Religius, Peserta Didik Kelas VII Nilai keagamaan dianggap sebagai nilai yang wajib untuk ditanamkan dan dikembangkan kepada anak sedini mungkin, karena melandasi karakter pendidikan. konsep setiap manusia yang beragama dapat ditandai dengan keyakinan penuh dan menjalankan ajaran agama dengan konsisten dalam kehidupan sehari-hari, yang mana proses penanaman tersebut tidak terlepas dari peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bagaimana peran PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Sunan Kalijogo (2) mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi (3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi kendala yang ada. Penelitian yang digunakan adalah field research dengan metode studi lapangan, instrumen kuncinya adalah peneliti sendiri dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisa data dengan menggunakan cara mereduksi data kemudian data display, dan yang terakhir adalah verification atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa, (1) peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius peserta didik kelas VII menggunakan beberapa metode yang bervariasi diantaranya adalah metode pengarahan, metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasehat, metode pembinaan. (2) proses penanaman nilai-nilai karakter religius didukung oleh beberapa faktor di antaranya adalah sarana dan prasarana yang tercukupi, ustadz murni lulusan pondok pesantren dan semua guru ikut andil dalam kegiatan budaya religius yang dilaksanakan di sekolah. Faktor penghambat yang mencakup kekurangan air, faktor lingkungan dan kurangnya peranan dari pihak orang tua. (3) solusi untuk mengatasi kendala dengan bekerja sama dengan tokoh masyarakat sekitar, pendekatan khusus melalui pendidikan informal, optimalisasi peran guru dan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203345 ENDANG FITRIANI
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:54
Last Modified: 22 Aug 2024 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51153

Actions (login required)

View Item View Item