PENERAPAN METODE PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN

AYU WULANDARI, 126201203195 (2024) PENERAPAN METODE PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN AKHLAK TERPUJI PESERTA DIDIK SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pendidikan dalam Menanamkan Akhlak Terpuji Peserta Didik SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Melalui Kegiatan Keagamaan” ditulis oleh Ayu Wulandari, NIM 126201203195, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ikfi Khoulita, M. Pd.I Kata Kunci: Penerapan Kegiatan Keagamaan, Akhlak Terpuji Akhlak terpuji sangat penting dimiliki oleh setiap orang, terlebih lagi bagi seorang peserta didik. Penanaman akhlak terpuji peserta didik disekolah bisa ditumbuhkembangkan melalui adanya penerapan kegiatan keagamaan. Penerapan kegiatan keagamaan juga harus menggunakan metode-metode yang sesuai supaya lebih mudah dalam menanamkan akhlak terpuji pada peserta didik.Fokus penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat, dan metode hukuman penghargaan dalam menanamkan akhlak terpuji di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek?. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan penerapan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat, dan metode hukuman penghargaan penanaman akhlak terpuji di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi kasus. Objek yang diteliti adalah peserta didik SMK Islam 1 Durenan Trenggalek dan GuruSMK Islam 1 Durenan, agar nantinya memperoleh data yang sesuai, maka peneliti sebagai instrumen penelitian dalam mengetahui dan mencari data dilapangan. Teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara direduksi, dipaparkan, dan ditarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji Kepastian (Confirmability).Hasil penelitian ini adalah (1) Kegiatan keagamaan dilakukan setiap hari sebelum jam pertama pembelajaran dimulai, dan diikuti oleh semua peserta didik. Penanggung jawab dari kegiatan keagamaan terdapat guru staff kesiswaan, guru yang bertugas piket, dan juga wali murid. Melalui metode pembiasaan terbentuk akhlak terpuji peserta didik berupa sabar, jujur, dan lebih takwa kepada Allah SWT. Kegiatan keagamaan meliputi sholat dhuha, membaca al-qur’an dan juz ‘amma, dan pembacaan tahlil. (2) Guru memberikan teladan kepada peserta didik pada semua kegiatan keagamaan dan memberikan teladan berupa keteladanan tindakan. Melalui metode keteladanan terbentuk akhlak terpuji sabar dan jujur. Keduanya terbentuk melalui kegitan keagamaan sholat dhuha dan menghafal juz ‘amma. (3) Guru memberikan nasihat dengan menggunakan bahasa yang ringan, efektif, dan komunikatif. Akan tetapi melalui metode nasihat tidak terbentuk akhlak terpuji yang dominan, dikarenakan metode ini tidak terlalu diterapkan pada kegiatan keagamaan yang ada di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. (4) Guru memberikan penghargaan dan hukuman kepada peserta didik sesuai dengan porsinya. Penghargaan diberikan setiap satu bulan sekali kepada salah satu kelas yang terpilih, dan hukuman diberikan kepada peserta didik yang terlambat mengikuti kegiatan keagamaan dengan cara mengganti dilain waktu. Melalui metode penghargaan dan hukuman terbentuk akhlak terpuji peserta didik berupa jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Metode hukuman dan penghargaaan metode yang efektif dalam penerapannya. Metode ini juga digunakan guru sebagai salah satu bahan evaluasi dari adanya penerapan kegiatan keagamaan dalam menanamkan akhlak terpuji.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Reward dan Punishment
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203195 AYU WULANDARI
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:24
Last Modified: 19 Aug 2024 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51168

Actions (login required)

View Item View Item