MANAJEMEN KOMUNIKASI “BATIK KEMBANG TURI” DI BLITAR TERKAIT PEMBERDAYAAN KOMUNITAS USAHA

MEIZZALUNA FARDILA PUTRI, 126304202095 (2024) MANAJEMEN KOMUNIKASI “BATIK KEMBANG TURI” DI BLITAR TERKAIT PEMBERDAYAAN KOMUNITAS USAHA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meizzaluna Faradila Putri, 2024: Manajemen Komunikasi “Batik Kembang Turi” Di Blitar Terkait Pemberdayaan Komunitas Usaha. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Manajemen komunikasi adalah proses komunikasi yang sistematis dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya komunikasi secara terpadu mulai dari perencanaan, pengoraganisasisan, pelaksanaan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Kelompok Batik Kembang Turi merupakan suatu komunitas yang ada dari hasil pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah. Kelompok Batik Kembang Turi menerapkan manajemen komunikasi sebagai bentuk memberdayakan komunitas mereka dalam mempertahankan keberlangsungan dari usaha yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Kelompok Batik Kembang Turi yang merupakan komunitas berdaya dapat menjaga kestabilan dari organisasi supaya tetap dapat bertahan dalam menjalankan usaha batik di Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis untuk memahami makna, keunikan dan mengkonstruksikan bagaimana manajemen komunikasi yang dilakukan Kelompok Batik Kembang Turi dalam memberdayakan komunitasnya sebagai bentuk mempertahankan usaha di Kota Blitar. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa Kelompok Batik Kembang Turi Blitar telah menerapkan manajemen komunikasi secara komprehensif dalam mempertahakan usaha batik mereka. Pada perencanaan dilakukan dengan mengkomunikasikan ide dalam wadah diskusi. Selain itu negosiasi juga dilakukan dengan pihak ketiga. Pengorganisasian dilakukan ketua dengan mengkomunikasikan tugas pada tiap anggota komunitas. Pelaksanaan program kegiatan dilakukan berdasarkan hasil dari perencanaan yang telah disepakati. Pengawasan dilakukan dengan mengadakan evaluasi pada tiap bulannya sebagai bentuk reward terhadap anggota Kelompok Batik Kembang Turi dalam menjalankan program kegiatan. Akan tetapi sistem manajemen komunikasi yang diterapkan oleh Kelompok Batik Kembang Turi berjalankan kurang efektif dan cenderung lebih fleksibel. Meski begitu setiap rancangan rencana yang mereka susun tetap dapat berjalan secara baik. Kelompok Batik Kembang Turi dalam skala organisasi pada masyarakat dapat dibilang berhasil sebagai komunitas yang berdaya. Meskipun begitu Kelompok Batik Kembang Turi masih dihadapkan terhadap kendala secara eksternal yang menyebabkan beberapa kesulitan dan miskomunikasi ketika menjalankan program kegiatan. Kata Kunci: Manajemen komunikasi, Komunitas berdaya, Batik Kembang Turi Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304202095 MEIZZALUNA FARADILA PUTRI
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:52
Last Modified: 19 Aug 2024 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51181

Actions (login required)

View Item View Item